ILUNI UI Komitmen Dukung Partisipasi Anak Muda dalam Dunia Politik

Rabu, 26 Juli 2023 - 20:55 WIB
loading...
ILUNI UI Komitmen Dukung Partisipasi Anak Muda dalam Dunia Politik
Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) berkomitmen mendukung partisipasi anak muda dalam dunia politik. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bonus demografi yang dialami oleh Indonesia menempatkan jumlah proporsi generasi Z mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, peran generasi muda di berbagai bidang pun sudah seharusnya diperhitungkan, termasuk dalam pengambilan kebijakan negara.

Dalam konteks politik representasi, demokrasi dan pemilu, peran generasi muda menjadi amat penting untuk menentukan nasib demokrasi dan perjalanan bangsa ke depan. Hal inilah yang melatarbelakangi Ikatan Alumni Universitas Indonesia ( ILUNI UI ) menggelar talkshow politik bertajuk "Political Career Preparation for Alumni UI" yang digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Sabtu (22/7/2023).

Ketua ILUNI UI Didit Ratam menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk komitmen dari ILUNI UI yang mendukung partisipasi anak muda dalam dunia politik, karena di tangan anak muda ada tanggung jawab untuk membentuk masyarakat yang penuh inklusivitas, toleransi, keadilan, serta penuh kemajuan.



"ILUNI UI memiliki visi untuk dapat membuka jalan menuju era baru yakni era yang melahirkan generasi politisi yang lebih berintegritas. Kegiatan ini bukan hanya perihal memberdayakan Alumni Muda UI untuk dapat masuk ke arena politik, namun juga untuk membentuk menjadi pemimpin yang akan memimpin dengan integritas, kompetensi, dan semangat mengedepankan kepentingan masyarakat," kata Didit Ratam saat membuka acara tersebut.

Sementara itu, Ketua Career and Almamater Center ILUNI UI Kharisma Bintang Alghazy mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini menjadi wadah untuk mengasah dan melatih Alumni Muda UI yang hendak atau ingin terjun ke dunia politik sebelum mereka bertarung dan berkontestasi pada Pemilu 2024.

"Kita ingin mendorong keberanian teman-teman Alumni Muda UI, millennial dan juga Gen Z untuk berani terjun secara langsung ke bidang legislatif dengan membawa isu dan gagasan yang relevan terhadap permasalahan di masyarakat. Karena semua orang perlu melek politik supaya setiap kebijakan yang diambil itu bisa dikritisi, sehingga pada akhirnya bisa bermanfaat untuk kemaslahatan banyak umat," kata Bintang.

Bagi Bintang, anak muda saat ini sangat berperan penting bagi pertumbuhan iklim demokrasi bangsa Indonesia, karena anak muda cenderung masih punya daya kritis yang baik. Tentu saja daya kritis ini perlu disalurkan ke hal-hal yang produktif dan relevan yang bisa berorientasi pada kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

"Oleh karena itu kami berharap lewat kegiatan ini bisa membantu mereka membuka jejaring dan pintu pengetahuan untuk melengkapi bekal intelektual, termasuk terhadap Alumni Muda UI yang ikut berkontestasi pada Pemilu 2024,” katanya.

“Sehingga ketika mereka terpilih, mampu menjadi penyambung lidah masyarakat yang baik dalam menyerap aspirasi, dan sekaligus memastikan bahwa keterwakilan anak muda bisa lebih banyak memberi manfaat bagi masyarakat luas," sambung Bintang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)