Golkar Ungkap Ikhtiar Airlangga Jaga Ekonomi Indonesia Tetap Kuat

Selasa, 25 Juli 2023 - 12:40 WIB
loading...
Golkar Ungkap Ikhtiar Airlangga Jaga Ekonomi Indonesia Tetap Kuat
Wasekjen Partai Golkar Samsul Hidayat mengatakan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mampu menjaga perekonomian Indonesia tetap kuat di tengah ancaman ketidakpastian global. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Wasekjen Partai Golkar Samsul Hidayat mengatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mampu menjaga perekonomian Indonesia tetap kuat di tengah ancaman ketidakpastian global. Indonesia, kata dia, menjadi salah satu negara yang mampu bertahan dalam menghadapi krisis global.

"Pak Airlangga Hartarto bersama tim ekonomi sukses membawa perekonomian Indonesia tetap dalam kondisi stabil, meski ada ancaman krisis global yang tidak ringan. Kinerja perekonomian dari waktu ke waktu terus tumbuh," ujarnya, Selasa (25/7/2023).



Samsul mengatakan pada 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar untuk mengawal pelaksanaan Reformasi Struktural Ekonomi. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah persaingan global yang semakin ketat.

Program ini mencakup berbagai inisiatif termasuk reformasi regulasi, penyederhanaan birokrasi, pengembangan SDM, dan peningkatan infrastruktur. Sejumlah program yang digawangi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berjalan dengan sukses.

Di antaranya, kata dia, sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Airlangga Hartarto telah memperkuat perekonomian Indonesia melalui berbagai program seperti Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Pemulihan Ekonomi Kreatif.

Program ini memberikan stimulus ekonomi yang besar kepada sektor-sektor yang terdampak pandemi Covid-19, khususnya sektor padat karya seperti UMKM dan sektor pariwisata ekonomi kreatif.

Dia melanjutkan, Airlangga juga memberikan stimulus kepada para pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja saat pandemi melalui Kartu Prakerja. Kartu Prakerja ini memberikan bantuan modal berupa peningkatan kapasitas dan kapabilitas individu sehingga mempunyai keahlian baru dan atau kemampuan membangun usaha.

Sedangkan program lainnya adalah Airlangga Hartarto mengumumkan peluncuran Program Transformasi Digital Ekonomi Nasional pada awal 2021. Program ini bertujuan untuk meningkatkan adopsi teknologi digital di seluruh sektor ekonomi Indonesia, termasuk e-commerce, fintech, manufaktur, dan pariwisata.

Dengan program ini, Indonesia berharap dapat meningkatkan daya saing dan inovasi di era digital. Airlangga juga berharap semakin banyak startup-startup baru bermunculan di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)