Jejak Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo selama Menjabat Pangdam Siliwangi, Nomor Terakhir Jadi Sorotan

Senin, 24 Juli 2023 - 15:36 WIB
loading...
Jejak Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo selama Menjabat Pangdam Siliwangi, Nomor Terakhir Jadi Sorotan
Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengundang para pemulung di wilayah Kota Bandung makan bersama seusai Salat Jumat di Taman Pule, Jalan Aceh No. 69, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/5/2023). Foto/Tangkapan layar Instagram @kodamsiliwangi
A A A
JAKARTA - Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi sejak akhir Januari 2022 hingga Juli 2023. Sebagian rekam jejaknya selama 1,5 tahun menjabat orang nomor satu di Kodam III/Siliwangi akan diulas di artikel ini.

Posisi Pangdam III/Siliwangi dijabat Kunto berdasarkan Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Kunto yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad, menggantikan posisi Mayjen TNI Agus Subiyanto yang naik jadi Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad).

Satu setengah tahun kemudian, Kunto dimutasi dari jabatan Pangdam Siliwangi menjadi Wakil Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Wadankodiklatad). Dia menjadi satu dari 96 Pewira tinggi (Pati) TNI yang dimutasi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.



Mutasi TNI itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Kunto menggantikan Mayjen TNI Candra Wijaya yang dimutasi menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba.

Rekam Jejak Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo selama Menjabat Pangdam Siliwangi


Berikut ini SINDOnews tampilkan sebagian rekam jejak putra mantan Wapres Try Sutrisno tersebut selama menjabat orang nomor satu di Kodam III/Siliwangi

1. Luncurkan Film Animasi Sejarah Kodam Siliwangi


Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo meluncurkan film animasi sejarah Kodam III/Siliwangi, September 2022. Film animasi tersebut menceritakan tentang Kodam III/Siliwangi dari awal terbentuk hingga sekarang.

Rencana penulisan sejarah Siliwangi, TNI, dan perannya sejak 1998 sampai sekarang, dilakukan Kunto sewaktu menjabat Kasdam III/ Siliwangi. Sebab, setelah diperhatikan terkait sejarah TNI belum ada yang menulis. Saat itu yang ada hanya sejarah saat memperebutan dan mempertahankan kemerdekaan, pembentukan pemerintah, serta menumpas pemberontakan.

Menurut Kunto, walaupun tulisan sejarah TNI sejak 1998 sampai sekarang belum terwujud, setidaknya sudah dihasilkan sebuah film animasi Sejarah Siliwangi yang dapat disosialisasikan di lingkungan Kodam dan dapat dimanfaatkan untuk informasi kepada masyarakat Jawa Barat.



"Kita banyak mendengar dari para tokoh, komponen masyarakat, dan TNI, yang masih dijadikan pegangan, tetapi kita tidak pernah menceritakan itu dalam bentuk sebuah dokumen. Kita pelaku sejarah yang mempunyai semangat dan kemauan, nilai-nilai ini seharusnya dituangkan minimal dalam sebuah buku," ujar Kunto.

2. Simulasi Tempur (Simpur) Gladi Model Remote Control (RC)


Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menggelar Simulasi Tempur (Simpur) Gladi Model Remote Control (RC). Simulasi itu menjadi role model dalam berlatih tempur bagi prajurit TNI AD.

Simpur Gladi Model RC berlangsung di Markas Resimen Induk Komando Daerah Milik (Rindam) III Siliwangi Jalan Manado, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Kamis (30/3/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2459 seconds (0.1#10.140)