Harkopnas 2023, Andika Hazrumy Sabet Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Utama

Minggu, 23 Juli 2023 - 22:17 WIB
loading...
Harkopnas 2023, Andika Hazrumy Sabet Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Utama
Wakil Gubernur Banten 2017-2022 Andika Hazrumy menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Utama dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dalam acara puncak Hari Koperasi Tingkat Nasional (Harkopnas) 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur Banten 2017-2022 Andika Hazrumy menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Utama dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dalam acara puncak Hari Koperasi Tingkat Nasional (Harkopnas) 2023. Acara itu digelar di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (23/7/2023).

Andika dinilai berperan terhadap pembangunan koperasi di Provinsi Banten sejak dalam kapasitasnya sebagai Ketua Divisi Pemberdayaan Pemuda Dekopin Wilayah Banten 2010-2015, Anggota Dewan Pakar Dekopin Wilayah Banten 2015-2020, hingga saat ini sebagai Penasehat Dekopin Wilayah Banten 2020 - 2025.

“Penghargaan ini saya kira apresiasi untuk kita semua di Banten yang selama ini konsen dengan pembangunan koperasi,” ujar Andika saat dihubungi.

Andika menuturkan, peran koperasi di Banten saat dirinya menjabat Wagub di antaranya sangat terasa dalam upaya pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid 19 beberapa tahun lalu. Saat itu laju pertumbuhan ekonomi Banten terkontraksi minus hingga 7 persen.

Menyikapi itu, Pemprov Banten di antaranya konsen melakukan upaya pertumbuhan ekonomi melalui mendukung tumbuh kembang dan bertahannya koperasi. Secara khusus, saat itu dirinya bahkan meminta Dekopin Wilayah Banten yang diketuai Ratu Tatu Chasanah yang juga Bupati Serang, untuk dapat turut menggerakkan perkonomian yang terdampak pandemi Covid 19 sejauh ini.

"Pemprov sendiri tentu saat itu berkomitmen untuk mensupport program-program Dekopin melalui program-program di dinas terkait," imbuhnya.

Dia menuturkan, Pemprov Banten sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022 memiliki program pengembangan kelembagaan dan pengawasan koperasi. Berikutnya program peningkatan kualitas usaha dan pemberdayaan koperasi dengan target capaian sebesar 6 persen koperasi yang bankable dan program pelatihan SDM Koperasi.

Di tengah pandemi Covid-19 saat itu, kata Andika, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten memberikan bantuan modal atau hibah bagi Koperasi dan Pelaku UKM yang bersumber dari Dana Tidak Terduga Pemerintah Provinsi Banten. "Selain itu, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten memfasilitasi bantuan bagi Koperasi dan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang besumber dari dana APBN," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Koperasi dan UMKM saat itu menyelenggarakan kegiatan pelatihan-pelatihan tata kelola dan pemanfaatan teknologi informasi. Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten juga memfasilitasi Nonperforming Loan (kredit bermasalah) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) terkait rescheduling.

Diketahui, penghargaan kepada para Tokoh Penggerak Koperasi baik dari tingkat Utama seperti yang diterima Andika, maupun untuk tingkat madya yang diterima para kepala daerah tingkat kabupaten/kota, diserahkan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sementara itu Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid mengapresiasi khusus terhadap penyelenggaraan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 yang dipusatkan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat tersebut.

Beberapa rangkaian Harkopnas digelar, salah satunya adalah Jalan Sehat yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Jalan Sudirman Kota Padang, yang diikuti juga oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Buya Mahyeldi bersama dan Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim selaku penyelenggara.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)