Presiden Jokowi Sentil Oknum Jaksa yang Mempermainkan Hukum: Aparat Bersih dan Akuntabel Itu Wajib

Sabtu, 22 Juli 2023 - 11:28 WIB
loading...
Presiden Jokowi Sentil Oknum Jaksa yang Mempermainkan Hukum: Aparat Bersih dan Akuntabel Itu Wajib
Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, di lapangan Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7/2023). Foto: MPI/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti masih adanya oknum kejaksaan yang mempermainkan hukum dengan menitip rekanan proyek hingga barang impor. Jokowi memperingatkan agar oknum tersebut segera dibersihkan dari kejaksaan.

Peringatan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan amanat sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63. Upacara digelar di lapangan Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan, Jalan Harsono, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7/2023).

"Jangan ada lagi aparat kejaksaan, meskipun saya tahu ini oknum yang mempermainkan hukum, yang menitip rekanan proyek, yang menitip barang impor, dan berbagai tindakan tidak terpuji lainnya," tandas Jokowi.

Menurut Jokowi, larangan mempermainkan hukum tersebut bukan hanya ditujukan kepada Kejaksaan, tetapi juga di institusi Polri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), termasuk para auditor.



"Pesan saya ini bukan hanya berlaku untuk aparat Kejaksaan tetapi untuk semua aparat penegak hukum kita, termasuk Polri, KPK, termasuk pula pengawas dan auditor baik di tingkat pusat maupun di daerah," kata Jokowi.

Jokowi meminta agar aparat penegak hukum, termasuk kejaksaan, untuk memperbaiki akuntabilitas dan pelayanan terhadap masyarakat.

"Aparat yang bersih dan akuntabel itu wajib. Perbaiki terus akuntabilitas aparat. Perbaiki terus pelayanan kepada masyarakat," tegas Jokowi.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2962 seconds (0.1#10.140)