Riset LSI Denny JA: Pandemi Covid-19 Diprediksi Berakhir Juni

Rabu, 29 April 2020 - 16:45 WIB
loading...
Riset LSI Denny JA:  Pandemi Covid-19 Diprediksi Berakhir Juni
Puncak pandemi virus Corona atau Covid-19 di Indonesia diperkirakan berakhir pada Juni 2020. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Puncak pandemi virus Corona atau Covid-19 di Indonesia diperkirakan berakhir pada Juni 2020. Prediksi ini mengacu hasil riset yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Riset dilakukan dengan mengolah berbagai data, ditambah referensi riset lain. Terdapat tiga kesimpulan soal virus Corona. Pertama, 99% kasus Covid-19 selesai sebelum vaksin untuk virus itu ditemukan.

Sementara pada Juli-September 2020 bakal menjadi rentang waktu Covid-19 tidak lagi menjadi masalah bagi dunia. Di era itu, puncak pandemi sudah dilewati.

"Mereka yang terpapar virus Corona tentu tetap ada, namun jumlah kasus baru terpapar grafiknya menurun signifikan," ujar Denny JA, pendiri LSI Denny JA, dalam keterangan tertulis, Rabu (29/4/2020).( )

Kedua, Indonesia termasuk sebagai negara menengah (kategori B) dari sisi kecepatan menyelesaikan kasus virus Corona untuk mencapai level 99% tuntas. Tercapainya level 99% itu untuk kasus Indonesia diperkirakan di Juni 2020.

"Tentu ini dengan asumsi aneka protokol kesehatan yang digariskan WHO dan Pemerintah RI dipatuhi. Antara lain social distancing, work from home, larangan mudik, dan sebagainya," tuturnya.

Ketiga, 100% Indonesia dan dunia bebas dari virus Corona ketika vaksin atas virus itu ditemukan. Rentang waktu penemuan virus sekitar Mei-Juli 2021.

"Ketika vaksin ditemukan, virus Corona berubah efeknya hanya seperti penyakit biasa yang tak lagi mematikan," katanya.

Berbeda dengan umumnya, riset LSI Denny JA, riset ini bertujuan mengolah data sekunder. Riset kali ini bukan dilakukan dengan opini atau persepsi publik atas virus corona. Namun, LSI Denny JA membaca tren data dunia dan Indonesia atas kasus corona.

"Riset ini ingin menjawab apakah dan kapankah puncak pandemi terlampaui. Bisakah kita prediksi kapan pandemi berakhir," urainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)