Profil Kartini Hermanus: Sosok Ningrat, Jenderal Wanita Pertama TNI AD

Jum'at, 21 Juli 2023 - 05:41 WIB
loading...
Profil Kartini Hermanus: Sosok Ningrat, Jenderal Wanita Pertama TNI AD
Profil Brigadir Jenderal TNI (Purn) Raden Ayu Kartini Hermanus menarik untuk diketahui. Foto/Twitter
A A A
JAKARTA - Profil Brigadir Jenderal TNI (Purn) Raden Ayu Kartini Hermanus menarik untuk diketahui. Sosok keturunan ningrat ini merupakan jenderal wanita pertama di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat ( TNI AD ).

Anggota Korps Wanita Angkatan Darat ( Kowad ) ini kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 2 Agustus 1949. Ibunya, Ray Parmanti adalah keturunan dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagara III dari Puro Mangkunegaran Surakarta dan Sri Susuhunan Pakubuwono III dari Karaton Surakarta Hadiningrat.

Dia kuliah selama dua tahun di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Setelah itu, purnawirawan bintang 1 ini mendaftar di Sekolah Perwira Wajib Militer (Sepawamil) pada 1970.



Usai lulus dari Sepawamil, putri kedua dari Ray Parmanti ini berkarier sebagai anggota TNI AD dari kecabangan Korps Ajudan Jenderal. Dia juga sempat mengenyam pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) Indonesia mulai 1993 dan lulus pada tahun berikutnya.

Dari 201 perwira militer yang mengikuti pendidikan di Seskoad ketika itu, wanitanya hanya Kartini dan Kolonel Haerasma. Kartini dilantik sebagai Komandan Pusat Pendidikan Korps Wanita Angkatan Darat (Pusdik Kowad) pada 27 Mei 1997.

Pelantikan Kartini dilaksanakan usai pemisahan Pusdik Kowad dari Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Darat. Selanjutnya, Kartini dipercaya menjabat staf ahli Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) bidang sosial budaya pada awal November 2000 setelah tiga tahun menjadi inspektur.

Pada 1 Desember 2000, Kartini Hermanus resmi naik pangkat, dari kolonel menjadi jenderal bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen). Hal itu menjadikannya sebagai jenderal wanita pertama di TNI AD.

Kartini pensiun dari dunia militer pada 11 November 2004. Dia menikah dengan pensiunan kolonel Angkatan Darat dan perancang Pindad SS2 Kolonel Infanteri (Purn) Pieter Hermanus Van der Linde.

Mereka dikaruniai empat anak, Ondre Hermanus, Marta Hermanus, Jimmy Hermanus, dan Terry Hermanus. Kartini Hermanus meninggal dunia di umur 72 tahun pada 24 Agustus 2021, Bandung, Jawa Barat.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)