Wapres Harap Kepala Daerah Sigap Jaga Stabilitas dan Keamanan Jelang Pemilu 2024

Kamis, 20 Juli 2023 - 12:53 WIB
loading...
Wapres Harap Kepala Daerah Sigap Jaga Stabilitas dan Keamanan Jelang Pemilu 2024
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengharapkan agar kepala daerah sigap menjaga stabilitas dan keamanan menjelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengharapkan agar kepala daerah sigap menjaga stabilitas dan keamanan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Pasalnya, kata Wapres, pemilu serentak didesain untuk menciptakan pemerintahan yang stabil, serta berjalan beriringan dengan perencanaan pembangunan nasional dan daerah.



"Setiap tahapan menjelang Pemilu dan Pilkada 2024 tidak kalah penting dibandingkan hari pencoblosan. Saya berharap, para pemimpin kabupaten bersama perangkatnya sigap dalam menjaga stabilitas dan keamanan menjelang hingga pelaksanaan pemilu dan pilkada," ujar Wapres dalam sambutannya pada pembukaan Rakernas XV Apkasi, Kamis (20/7/2023).

Wapres juga mengatakan pemilu merupakan langkah koreksi kebijakan guna menata proses politik dan proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dengan kerangka tahapan waktu yang stabil.

Pada kesempatan itu, Wapres meminta agar kepala daerah juga meningkatkan koordinasi dan antisipasi potensi kerawanan yang mungkin muncul agar Pemilu dan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar. Diharapkan menjadi proses lahirnya pemimpin-pemimpin transformatif, pemimpin yang akan mengelola penyusunan kebijakan negara dan daerah, agar mendatangkan maslahat bagi rakyat.

"Saya mengharapkan pemimpin yang terpilih adalah pemimpin yang mampu menjaga komitmen dalam mendorong kemajuan otonomi daerah," katanya.

Otonomi daerah dan desentralisasi, kata Wapres, adalah pilihan terbaik bagi negara dalam mengelola pemerintahan untuk mendekatkan pelayanan publik, mendorong pembangunan daerah, dan menghidupkan demokrasi lokal yang berkualitas.



"Saya berharap, otonomi akan memacu pemimpin daerah untuk mengakselerasi pembangunan di daerahnya, meningkatkan kemakmuran dan mengurangi ketimpangan. Dengan demikian, desentralisasi dan demokrasi lokal ditunaikan dengan penuh tanggung jawab agar semakin bermakna bagi publik," tandasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)