Imbauan BMKG Terkait Arah Kiblat, Abdul Khaliq Sarankan Umat Islam Cek dan Ricek

Minggu, 16 Juli 2023 - 19:52 WIB
loading...
Imbauan BMKG Terkait Arah Kiblat, Abdul Khaliq Sarankan Umat Islam Cek dan Ricek
Ketua DPP Bidang Keagamaan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Abdul Khaliq Ahmad. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengimbau umat muslim mengecek ulang arah kiblat yang dijadikan patokan untuk menghadap Ka'bah sebagai salah satu syarat sahnya salat.

Imbauan BMKG tersebut terkait fenomena alam berupa matahari melintas persis di atas kabah yang biasanya dua kali terjadi dalam setahun, yakni 26-30 Mei dan 14-18 Juli.

Merespons hal tersebut, Ketua DPP Bidang Keagamaan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Abdul Khaliq Ahmad mengimbau umat muslim, untuk melaksanakan ajakan BMKG.

Menurutnya, salat menghadap kiblat merupakan salah satu syarat sah salat. "Kebenaran arah kiblat itu menjadi sesuatu yang penting karena ketika kita salat tidak menghadap kiblat, maka menjadi tidak sah karena ini menjadi syarat," kata Khaliq, Minggu (16/7/2023).

"Maka bagi umat Islam Indonesia melakukan check and recheck arah kiblat pada setiap tahun pada dua waktu itu yaitu 26-30 mei dan 14-18 Juli itu perlu menjadi perhatian bersama," sambung Abdul Khaliq Ahmad yang merupakan bacaleg DPR dari Partai Perindo Dapil Jawa Barat II (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat) itu.

Untuk itu, Khaliq yang merupakan Politisi Partai Perindo yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu menyatakan, imbauan BMKG bertujuan untuk menyempurnakan arah kiblat, sehingga umat muslim perlu benar-benar memperhatikan.

"Apa yang disampaikan oleh BMKG merupakan sesuatu yang perlu dilakukan oleh umat Islam Indonesia. Agar pada setiap tahun kita bisa melakukan check and recheck arah kiblat yang benar," tutup Juru Bicara Nasional Partai Perindo, partai modern yang dikenal peduli rakyat kecil, gigih memperjuangkan penciptaan lapangan kerja, dan Indonesia sejahtera itu.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)