Tiga Magnet Politik Gibran versi IndoStrategi Research

Senin, 27 Juli 2020 - 16:48 WIB
loading...
Tiga Magnet Politik Gibran versi IndoStrategi Research
Gibran Rakabuming Raka saat menyerahkan formulir pendaftaran calon wali kota Solo di Kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Desember 2019. Foto: SINDOnews/Ahmad Antoni.
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah resmi mengusung Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020. Gibran berpasangan dengan anggota DPRD Solo dari Fraksi PDIP Teguh Prakosa. Lalu, seberapa kuat Gibran di Solo?

Pengamat Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam berpendapat bahwa sumber kekuatan Gibran terletak di tiga titik politik. "Pertama, sebagai anak presiden Jokowi harus diakui merupakan kekuatan yang tak bisa dinafikkan," ujar Arif kepada SINDOnews, Senin (27/7/2020).

Dia mengatakan, dengan modal sosial dan politik sebagai anak presiden, setidaknya memudahkan melakukan lobi elite politik untuk mendapat dukungan partai. "Di sisi lain, kekuatan anak Presiden juga potensial memberi dampak elektabilitas dengan memanfaatkan Jokowi Effect," ungkapnya.

(Baca: Beri Masyarakat Pilihan, Saingan Gibran di Pilkada Solo Perlu Dihadirkan)

Kedua, kata dia, dukungan hampir semua partai politik (Parpol) merupakan keistimewaan karena akan memiliki mesin politik yang memiliki daya penetrasi di semua lini. "Ketiga, Solo sebagai basis PDIP tentu dukungan PDIP pada Gibran akan memudahkan dalam memobilisasi dukungan pemilih tradisional PDIP," pungkasnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo mengusung Achmad Purnomo di Pilkada Solo. Namun, Dewan Pimpinan Pusat lebih memilih Gibran ketimbang Purnomo.

Presiden Jokowi pun sempat memanggil Purnomo ke Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis (16/7/2020) lalu. Dalam pertemuan itu, Purnomo mengaku ditawari jabatan di pemerintahan pusat oleh Presiden Jokowi. Namun, Purnomo menolaknya
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6033 seconds (0.1#10.140)