Dampak Gempa Yogyakarta, 93 Rumah Rusak

Sabtu, 01 Juli 2023 - 01:01 WIB
loading...
Dampak Gempa Yogyakarta, 93 Rumah Rusak
BNPB melaporkan perkembangan terbaru dampak gempa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (30/6/2023) malam. Tercatat 93 rumah yang tersebar di DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur mengalami kerusakan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan perkembangan terbaru dampak gempa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (30/6/2023) malam. Tercatat 93 rumah yang tersebar di DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur mengalami kerusakan.

BNPB melakukan pemutakhiran data sekitar pukul 23.00 WIB. Data ini didapat setelah melakukan koordinasi dengan BPBD di wilayah DIY, Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim).

"Total rumah rusak sebanyak 93 unit dengan tingkat ringan hingga sedang," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya.

Dia menyampaikan bahwa sampai saat ini petugas masih terus mendata jumlah rumah terdampak di wilayah DIY, Jateng dan Jatim. Adapun, rincian rumah rusak di beberapa wilayah, sebagai berikut:

Sebaran di Provinsi Jateng, yaitu di Kabupaten Kebumen, rumah rusak ringan 8 unit dan rusak sedang 2 unit. Kabupaten Magelang dan Tegal, rumah rusak masing-masing sebanyak 1 unit, sedangkan di Kabupaten Purbalingga tercatat rumah rusak 4 unit.

Sementara, sebaran di Provinsi Jatim, teridentifikasi di Kabupaten Pacitan dengan total rumah rusak sebanyak 28 unit. "Di wilayah DIY, BPBD mencatat rumah rusak 30 unit di Kabupaten Bantul dan 19 di Kabupaten Gunung Kidul," ujarnya.

Selain tempat tinggal, kata dia, dampak gempa juga menyasar fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah, pemerintah, kesehatan maupun jaringan listrik.

Kerusakan ringan fasilitas ibadah sebanyak 1 unit dan jaringan listrik di Kebumen, Provinsi Jateng. Sedangkan di DIY, sekolah rusak 1 unit dan fasilitas pemerintah 5 unit di Gunung Kidul, fasilitas pendidikan 1 unit di Bantul dan fasilitas kesehatan 1 unit di Kulon Progo. "Kerusakan di Kabupaten Pacitan, tercatat kantor rusak 4 unit dan sekolah 2 unit."

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengupdate atau memutakhirkan gempa M6,4 di Bantul, DIY menjadi M6,0. Gempa terjadi Jumat 30 Juni 2023 pukul 19.57.43 WIB.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,0,” ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan resminya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5927 seconds (0.1#10.140)