SMRC Sebut Erick, Sandi, dan AHY Tertinggi dalam Bursa Cawapres

Kamis, 29 Juni 2023 - 21:18 WIB
loading...
SMRC Sebut Erick, Sandi, dan AHY Tertinggi dalam Bursa Cawapres
Nama Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi tiga nama teratas dalam bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres) pilihan publik. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama Erick Thohir , Sandiaga Uno , dan Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) menjadi tiga nama teratas dalam bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres) pilihan publik. Hal tersebut berdasarkan survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

"Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai oleh publik sebagai tokoh paling baik menjadi calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan," kata Founder SMRC, Saiful Mujani dalam program Bedah Politik bersama Saiful Mujani episode Bakal Calon Wakil Presiden Pilihan Publik pada Kamis (29/6/2023).

Sedangkan menurut dia untuk Cawapres yang paling cocok mendampingi Ganjar Pranowo adalah Erick Thohir atau Sandiaga Uno.

"Sementara tokoh-tokoh potensial cawapres Prabowo Subianto tidak ada yang menonjol," ucapnya.

Kandidat Cawapres Anies Baswedan yang paling tinggi adalah Sandiaga Uno dengan 21,9 persen dan kemudian disusul AHY di posisi kedua dengan 16,7 persen.

Yang kompetitif untuk menjadi cawapres Anies Baswedan adalah Sandiaga Uno dan AHY. Namun Saiful menjelaskan, survei ini dilakukan sebelum Sandiaga Uno bergabung dengan PPP.

"Karena itu, nama Sandiaga sekarang tidak bisa dianalisis sebagai calon wapres Anies, karena partainya sudah mendukung Ganjar. Karena itu, jika Sandiaga Uno dikeluarkan, maka AHY yang paling kompetitif untuk menjadi pendamping Anies. Selisih suaranya dengan tokoh lain cukup signifikan," jelas Saiful Mujani.

Sedangkan cawapres terbaik untuk mendampingi Ganjar Pranowo yang paling tinggi di posisi pertama adalah Erick Thohir dengan dipilih 19,4 persen responden.

"Meskipun perbedaan antara Erick Thohir dan Sandiaga Uno tidak signifikan karena berada di rentang dua kali margin of error plus minus 3,1 persen. Sementara selisih Erick dengan nama-nama lain selain Sandiaga cukup signifikan secara statistik," jelasnya.

Kemudian untuk Cawapres Prabowo, SMRC mencatat tidak ada yang signifikan karena prosentase antar mama hanya berselisih tipis seperti Sandiaga 13,9 persen, Erick Thohir 11,3 persen; Mahfud MD 11,2 persen; Muhaimin Iskandar 10,5 persen dan ada 25,6 persen responden belum menjawab.

Nama-nama tokoh yang disimulasikan sebagai pendamping Prabowo ini dijelaskan Saiful Mujani tidak ada yang menonjol. Selisih suara antara Sandiaga, Erick, Mahfud MD, Muhaimin, dan AHY kurang lebih sama.

"Tidak ada tokoh yang berbeda menurut versi masyarakat tentang siapa yang sebaiknya menjadi calon wakil untuk Prabowo Subianto," tutup Saiful Mujani.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4187 seconds (0.1#10.140)