SMRC Ungkap Sejumlah Nama Cawapres Terbaik Ganjar, Ini Daftar Namanya

Kamis, 29 Juni 2023 - 16:00 WIB
loading...
SMRC Ungkap Sejumlah Nama Cawapres Terbaik Ganjar, Ini Daftar Namanya
Pilpres 2024, SMRC merilis sejumlah nama Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) dari Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 dari PDIP, Ganjar Pranowo. Foto/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Pilpres 2024, SMRC merilis sejumlah nama Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) dari Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 dari PDIP, Ganjar Pranowo . Hal tersebut disampaikan Saiful Mujani dalam program Bedah Politik bersama Saiful Mujani episode Bakal Calon Wakil Presiden Pilihan Publik, Kamis (29/6/2023).

Saiful menjelaskan, ada tiga bakal calon presiden yang paling kompetitif. Sejumlah nama yang sudah banyak didiskusikan potensial menjadi cawapres di tengah masyarakat.

Beberapa nama tersebut yakni Ahmad Heryawan, AHY, Airlangga Hartarto, Andika Perkasa, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, Said Aqil Siroj, Sandiaga Uno, dan Yahya Chalil Staquf.

"Siapa cawapres terbaik untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam melawan Anies dan Prabowo? 19,4 persen menyebut Erick Thohir; Sandiaga Uno 14,3 persen," ujar Saiful Mujani.



Kemudian nama kandidat Bacawapres lainnya yakni Mahfud MD 13,2 persen; Khofifah Indar Parawansa 8,8 persen; AHY 8,4 persen; Airlangga Hartarto 7,8 persen; Said Aqil Siroj 2,5 persen; Yahya Cholil Staquf 1,4 persen. Perlu diperhatikan masih ada 24,3 persen responden yang belum menjawab.

Saiful menjelaskan bahwa perbedaan antara Erick Thohir dan Sandiaga Uno tidak signifikan karena berada di rentang dua kali margin of error plus minus 3,1 persen.

Meskipun demikian data tersebut masih dapat berubah kedepannya karena pengambilan data dilakukan sebelum Sandiaga Uno dideklarasikan sebagai Ketua Bappilu DPP PPP dan Bacawapres PPP.

"Sementara selisih Erick dengan nama-nama lain selain Sandiaga cukup signifikan secara statistik," kata dia.

Namun Saiful melihat dinamika dengan keputusan Sandiaga Uno bergabung dengan PPP nama Sandiaga kini menjadi kandidat Bacawapres terbaik.

Pasalnya PPP sudah mendukung Ganjar Pranowo dan telah mengusung Sandiaga yang sudah didapuk sebagai Ketua Bappilu DPP PPP sekaligus Bacawapres PPP untuk berpasangan dengan Ganjar Pranowo.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)