Profil Adang Ginanjar, Mantan Kasat Lantas Sintang yang Kini Melejit Jadi Kapolda Sulbar

Rabu, 28 Juni 2023 - 08:59 WIB
loading...
Profil Adang Ginanjar, Mantan Kasat Lantas Sintang yang Kini Melejit Jadi Kapolda Sulbar
Irjen Pol Adang Ginanjar merupakan mantan Kasat Lantas Sintang yang kini dimutasi oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolda Sulawesi Barat. Foto/iNews
A A A
JAKARTA - Irjen Pol Adang Ginanjar merupakan mantan Kasat Lantas Sintang yang kini dimutasi oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolda Sulawesi Barat . Jabatan tersebut mulai diembannya sejak tanggal 24 Juni 2023 kemarin.

Mutasi jabatan Adang Ginanjar sendiri tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST 1394/VI/2023 tertanggal 24 Juni 2023. Telegram tersebut juga ditandatangani oleh Irjen Pol Dedi Prasetyo selaku SDM Polri.



Sebelum menduduki posisi Kapolda Sulbar, Irjen Pol Adang Ginanjar juga pernah menjabat beberapa posisi penting kepolisian lainnya. Karier moncernya tersebut dimulai sejak tahun 1993.

Profil Irjen Pol Adang Ginanjar


Dalam riwayatnya, Irjen Pol Adang Ginanjar diketahui lahir di Tasikmalaya pada 19 Juli 1967. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1989 dan berpengalaman dalam bidang SDM.

Karier mentereng kepolisiannya dimulai ketika Adang ditunjuk sebagai Kasat Lantas Polres Sintang pada tahun 1993. Baru satu tahun berjalan, dirinya diberi tugas baru untuk menjabat sebagai Kapolsektif Entikong, Polres Sanggau.

Pada tahun 1995 hingga 1999, Adang pun ditunjuk menjadi kasat lantas di beberapa Polres secara berurutan. Mulai dari Polres Pontianak, Singkawang, hingga Sulawesi Tengah.

Tak lama setelahnya, ia pun diberi tugas untuk menjadi LO Polri di Penang Malaysia hingga tahun 2001. Usai kembali di Indonesia, Adang pun ditunjuk menjadi Kasubag Lantas Dit Lantas Polda Jabar dan dilanjutkan dengan menjadi Wakapolres Bandung Tengah hingga tahun 2003.

Nama Adang Ginanjar juga ternyata tercatat pernah menduduki posisi Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Lampung selama tiga tahun. Baru setelahnya, ia diangkat menjadi Kapolres di dua tempat yang berbeda, yaitu wilayah Pamekasan dan Jember.

Tak sampai di situ, kariernya pun kembali melejit dengan ditunjuknya Adang menjadi Kasubbid Jantadis Bid Protokol NCB - Interpol Mabes Polri pada tahun 2008. Tidak sampai satu tahun, ia pun dialihkan menjadi Dirlantas Polda Kepri.

Pada tahun 2011, Adang pun ditunjuk menjadi Kapolrestas Pekanbaru dan dilanjutkan menjadi Kabag Kominter NCB-Interpol Hubinter Polri hingga tahun 2017. Di tahun 2017-2020, karier moncernya pun berlanjut ketika ia ditugaskan menjadi Analis Kebijakan Madya Pada Divhubinter Polri, dilanjutkan dengan Kabagrenmin Divhubinter Polri.

Pada tahun 2020, ia pun tercatat dua kali berganti posisi. Mulai ditunjuk menjadi Kabagkonvinter Sekretariat NCB-Interpol Mabes Polri, kemudian dilanjutkan menjadi Kepala Biro Umum Sekretariat Militer Presiden.



Hal tersebut kembali terjadi pada tahun 2023. Pada mulanya ditugaskan menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri, pertengahan tahun 2023 Adang Ginanjar malah ditunjuk untuk menjadi Kapolda Sulawesi Barat.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)