Djarot Tegaskan Kaesang Harus lewat PDIP jika Maju Wali Kota Depok

Selasa, 27 Juni 2023 - 22:13 WIB
loading...
Djarot Tegaskan Kaesang Harus lewat PDIP jika Maju Wali Kota Depok
Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat dalam acara Talk Politics With Reinhard Sirait, dikutip, Selasa (27/6/2023). FOTO/MPI/BACHTIAR ROJAB
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) Djarot Syaiful Hidayat menyatakan, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep wajib melalui PDIP jika ingin maju menjadi Wali Kota Depok. Sebab, keluarga Jokowi adalah bagian dari PDIP.

"Kita sangat terbuka untuk merekrut tokoh-tokoh muda, anak-anak muda, karena basis kader partai paling utama itu di keluarga. Makanya dalam satu keluarga di PDI Perjuangan itu ada aturan, harus sama," kata Djarot dalam acara Talk Politics With Reinhard Sirait, dikutip, Selasa (27/6/2023).

Menurut Djarot, hal yang sama sudah ditunjukkan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo dan menantu Jokowi, Bobby Nasution di Pilkada Medan. Keduanya juga maju Pilkada melalui PDIP.



"Kemudian dari tokoh-tokoh masyarakat dari teman dari saudara. Jadi bukan sekedar jaminan, tapi ini sudah terbukti bahwa kita itu keluarga besar, seperti apa yang dilakukan di Solo maupun Medan," katanya.

Djarot mempersilakan Kaesang untuk maju di Pilkada. Namun saat ini PDIP tengah berfokus pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) terlebih dahulu.

"Mas Kaesang, mau maju dan sebagainya silakan anak muda, ya. Tapi kan kita masih sekarang fokus dulu pada pemenangan Pileg dan Pilpres, baru setelah itu pada Pilkada. Pastilah," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi merestui Kaesang Pangarep terjun ke dunia politik. Kaesang saat ini didorong maju sebagai calon wali kota (cawalkot) Depok di Pilkada 2024.



"Tugasnya orangtua itu merestui dan mendoakan," kata Jokowi di Kantor BPKP, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Jokowi menyebut apa yang dilakukan oleh Kaesang menjadi tanggung jawab pribadi. Jokowi hanya dapat memberikan saran jika Kaesang memintanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2718 seconds (0.1#10.140)