Aksi Tegas Satgas TPPO Polri Diharapkan Konsisten, Tak Hanya Sementara

Rabu, 21 Juni 2023 - 15:07 WIB
loading...
Aksi Tegas Satgas TPPO Polri Diharapkan Konsisten, Tak Hanya Sementara
Sekjen GPK Thobahul Aftoni mengapresiasi kinerja Satgas TPPO Polri yang banyak melakukan langkah penegakan hukum secara cepat dan berefek langsung di masyarakat. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kinerja Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang ( TPPO ) Polri diapresiai karena banyak melakukan langkah penegakan hukum secara cepat dan berefek langsung di masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan penangkapan para pelaku dan menyelamatkan banyak korban perdagangan orang.

Hingga 18 Juni 2023, Satgas TPPO Polri berhasil meringkus 457 orang pelaku perdagangan orang dan menyelamatkan hampir 1.500 korban seluruh Indonesia. "Saya sangat mengapresiasi kinerja Pak Kapolri yang begitu responsif terhadap kejahatan trans nasional ini," kata Sekretaris Jenderal Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) Thobahul Aftoni di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Setidaknya dalam kurun waktu sebulan terakhir, menurut Toni, diketahui banyak sekali penangkapan para pelaku TPPO. Masyarakat juga makin sadar melakukan laporan.



"Angka tangkapan Satgas TPPO membuktikan kinerja penegakan hukum dalam memberantas TPPO berjalan optimal sebagaimana harapan kita selama ini termasuk pengharapan Presiden Jokowi yang begitu perhatian dengan kejahatan kemanusiaan ini," katanya.

Langkah penegakan hukum tersebut, kata Toni, akan memberikan efek jera bagi para pelaku atau aktor-aktor yang membekingi. Masyarakat juga menjadi makin mawas diri sehingga tidak menjadi korban.

"Saya berharap keberadaan Satgas TPPO konsisten dan tidak temporal (hanya sementara)," katanya.

Sementara itu, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, dari 456 Laporan Polisi, Satgas TPPO telah menangkap 532 tersangka.

"Dari ratusan LP yang diterima, Satgas TPPO telah menyelamatkan 1.572 korban," kata Ramadhan kepada awak media, Rabu (21/6/2023).

Dari ribuan korban tersebut, Ramadhan merinci ada 711 korban perempuan dewasa dan 86 perempuan anak. Kemudian untuk korban laki-laki dewasa ada 731 dan laki-laki anak ada 44 orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)