Kapolri Tekankan Pentingnya Miliki 3 Kompetensi di Upacara Wisuda STIK

Rabu, 21 Juni 2023 - 14:05 WIB
loading...
Kapolri Tekankan Pentingnya Miliki 3 Kompetensi di Upacara Wisuda STIK
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menekankan soal pentingnya setiap personel kepolisian memiliki tiga kompentensi yakni etika, teknis, dan kepemimpinan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menekankan soal pentingnya setiap personel kepolisian memiliki tiga kompentensi yakni etika, teknis, dan kepemimpinan.

Hal itu disampaikan Sigit saat memberikan pengarahan dalam Upacara Wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) di Gedung PTIK, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2023).



"Dalam kesempatan ini selalu saya ingatkan bahwa selain kompetensi teknis, saya juga selalu ingatkan rekan-rekan juga harus memiliki kompetensi etika dan leadership," ujar Sigit.

Menurut Sigit, penguasaan di tiga kompetensi tersebut harus seimbang satu sama lainnya. Pasalnya, hal itu dapat menjadi solusi untuk melewati segala bentuk tantangan yang ada.

"Karena tiga hal ini harus rekan-rekan miliki. Saudara pintar di kompetensi teknis, namun kalau rekan-rekan lemah terkait kompetensi etika, maka rekan-rekan bisa berhadapan dengan situasi yang bisa merubah cita-cita rekan-rekan," jelas Sigit.

Sigit menuturkan keselarasan kompetensi tersebut diperlukan oleh seluruh personel kepolisian dalam menjalankan tugasnya. Mengingat, hal itu juga bisa mencegah potensi pelanggaran maupun dinamika perkembangan zaman yang ada.

"Banyak contoh di lapangan, pada saat anda kemudian mengejar pencapaian hanya dengan mengandalkan teknis namun etika tidak dijaga, maka risiko berantakan akan terjadi. Begitu juga dengan kemampuan dalam hal memimpin di setiap tingkatan. Ini tentunya harus dikembangkan karena zaman berubah, peraturan berubah, sehingga rekan-rekan harus menyesuaikan," papar Sigit.

Lebih dalam, Sigit mengingatkan soal terjadinya dinamika tantangan yang terjadi di era saat ini maupun ke depannya. Menurutnya, setiap personel harus mampu beradaptasi dengan perkembangan kemajuan zaman.



"Tentunya sejarah memiliki orang. Rekan-rwkan berada di jaman sekarang tantanganya beda sehingga tentunya anda harus mempersiapkan diri dengan tantangan yang ada pada saat ini. Kita dihadapkan dengan situasi perkembangan situasi yang dinamakan Juggernaut Eternity, di mana teknologi informasi berkembang sangat pesat sehingga di satu sisi ini memunculkan kemudahan, namun di sisi lain menunculkan kejahatan jenis baru. Sehingga kita harus siap," tutup Sigit.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)