Kemendagri: Penguatan Pemerintah Desa Tingkatkan Daya Saing Bangsa

Selasa, 20 Juni 2023 - 00:34 WIB
loading...
Kemendagri: Penguatan Pemerintah Desa Tingkatkan Daya Saing Bangsa
Kemendagri terus berupaya meningkatkan kapasitas pemerintahan desa dengan melaksanakan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berupaya meningkatkan kapasitas pemerintahan desa. Salah satunya melaksanakan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).

Program ini merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Bank Dunia (World Bank).

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas pemerintahan Desa melalui program P3PD ini merupakan upaya Kemendagri mewujudkan peningkatan produktifitas dan daya saing bangsa.



Ini merupakan salah satu arah kebijakan umum pembangunan dan prioritas nasional pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peningkatan sumber daya manusia yang unggul sebagaimana amanat RPJMN 2022.

”Secara bertahap, upaya pengembangan kapasitas pemerintahan Desa melalui pembinaan dan pengawasan akan terus dilakukan dan dikembangkan baik secara kuantitas maupun kualitas,” kata Eko di Hotel El Royale, Jakarta, Senin (19/06/2023).

Ditjen Bina Pemdes melaksanakan program peningkatan kapasitas aparatur Desa dan Supra Desa sejak 2015. Berdasarkan data Ditjen Bina Pemdes Tahun 2022, total alumni pelatihan Training of Master Trainer (ToMT) dan Training of Trainer (ToT) sebanyak 5047 orang.



Namun, yang masih aktif hingga saat ini 354 orang, dan hanya 95 orang pelatih yang memiliki sertifikasi SKKNI berstandar nasional.

“Untuk itu, saudara yang berada diruangan ini adalah orang-orang terpilih dengan kemampuan terbaik masing-masing utusan daerah, sehingga diharapkan Saudara dapat lebih fokus memantapkan kapasitas diri sebagai seorang pelatih,” katanya.

Menurut Eko, urgensi kegiatan ini sangat strategis dalam mengantarkan pelatih pemerintahan Desa hingga dapat meningkatkan kompetensinya.

Dengan demikian, mereka mampu memfasilitasi proses pembelajaran dan memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada setiap pemangku kepentingan, terutama dalam pengembangan kapasitas aparatur Desa.

”Saya berpesan agar seluruh rangkaian kegiatan Refreshment dan sertifikasi ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga mendapatkan nilai manfaat yang besar sebagai kontribusi aktif dalam mewujudkan kemajuan Desa Indonesia,” tuturnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)