Presiden Jokowi: Kepemimpinan Ibarat Tongkat Estafet bukan Meteran Pom Bensin

Kamis, 15 Juni 2023 - 10:42 WIB
loading...
Presiden Jokowi: Kepemimpinan Ibarat Tongkat Estafet bukan Meteran Pom Bensin
Presiden Jokowi memberikan sambutan pada peluncuran Indonesia Emas 2045 yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/6/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyatakan kepemimpinan ibarat tongkat estafet yang harus terus maju ke depan. Jokowi tidak ingin kepemimpinan seperti meteran pom bensin, dimulai dari nol.

"Kepemimpinan ibarat tongkat estafet. Sekali lagi kepimpinan itu seperti tongkat estafet bukan meteran pom bensin. Kalau meteran pom bensin itu, Pak dimulai dari nol ya, tunjukkan ini," kata Jokowi dalam sambutannya pada peluncuran Indonesia Emas 2045 yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/6/2023).

Kepemimpinan meteran pom bensin, kata Jokowi, diibaratkan maju mundur. Bahkan, maju mundurnya kepemimpinan bisa diibaratkan seperti senam Poco-Poco.



"Apakah kita mau seperti itu? Enggak, ndak kan. Masak kayak meteran pom bensin, mestinya kalau sudah TK, SD, SMP kepemimpinan berikutnya masuk SMA, universitas. Nanti kepemimpinan berikutnya masuk ke S2, S3 mestinya seperti itu. Tidak maju mundur Poco-Poco," kata Jokowi.

Kepemimpinan selanjutnya harus ada keberlanjutan dan kesinambungan. "Harus ada keberlanjutan dan kesinambungan harus. Kalau sudah kepimpinanan satu, kedua, ketiga sudah sampai SMA, harusnya kepemimpinan keempat harus masuk ke universitas jangan balik lagi ke SD lagi," katanya.

Jokowi juga menekankan pentingnya pembangunan Indonesia sentris dan hilirisasi industri. Hal tersebut yang akan membuat Indonesia melompat lebih jauh menuju Indonesia Emas.



"Membangun industrisasi mineral, membangun ekositem ev batery, bagaimana dulu kita mengekspor mentahan, nikel ekspor mentahan bisa jadi ketot, bisa jadi prekusor bisa jadi litium bateri bagaiaman mencapai ekosismtw besarnya, ini perlu kerja detail perlu dicek terus di lapangan itu juga bisa meleset," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)