Soal Pengamanan di Papua, Wapres Tegaskan Tidak Akan Melanggar HAM

Rabu, 07 Juni 2023 - 21:39 WIB
loading...
Soal Pengamanan di Papua, Wapres Tegaskan Tidak Akan Melanggar HAM
Wapres Maruf Amin menegaskan pengamanan di Papua tak akan melanggar HAM. Oleh karena itu, mengatasi permasalahan di Papua diupayakan pendekatan humanis. Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres ) Ma'ruf Amin menegaskan pengamanan di Papua tidak akan melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Oleh karena itu, mengatasi permasalahan keamanan di Papua diupayakan dengan pendekatan yang humanis.

Apalagi, kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau kelompok separatis teroris (KST) di Papua masih terus berulah. Sehingga, Wapres memastikan akan mengedepankan aspek keamanan agar tidak jatuh korban.

"Kita ingin semuanya (aman) tidak menimbulkan isu-isu yang bisa dianggap kita melanggar HAM. Ini semua dipertimbangkan," tutur Wapres, Rabu (7/6/2023).

Apalagi, ada dorongan dari sejumlah pihak agar melakukan tindakan militer terkait insiden penembakan termasuk penyanderaan terhadap pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens oleh KKB di Papua.

Baca juga: Selamatkan Pilot Susi Air, Panglima TNI Siapkan Strategi

Lebih jauh, dalam mengatasi permasalahan keamanan di Papua, Wapres menyebutkan pemerintah terus melakukan berbagai upaya pendekatan yang humanis berbasis teritorial melalui pendekatan kesejahteraan dan afirmasi kepada masyarakat asli Papua.

"Kita kan memang menempuh dua pendekatan, yaitu pendekatan kesejahteraan, dan memberikan afirmasi kepada orang asli Papua," jelas Wapres.

"Memang yang kita tempuh pendekatan keamanan yang komprehensif, tidak asal menyerang," tambahnya.

Di sisi lain, Wapres juga menyebutkan salah satu bentuk konkret pemerintah dalam memberikan perhatian penuh kepada masyarakat Papua adalah melalui pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

"Kita juga memberikan pelayanan yang lebih dekat kepada masyarakat melalui DOB yaitu Daerah Otonomi Baru dengan provinsi-provinsi yang dikembangkan," terangnya.

Wapres juga menekankan pentingnya keselamatan pasukan pengamanan yang bertugas di wilayah Papua, agar mendapatkan perhatian khusus dalam menjalankan tugasnya.

"Kemudian yang harus dipertimbangkan juga letak geografis daerah. Hal ini tidak bisa dianggap sepele, (seperti) ketinggian, udara, itu jangan sampai membahayakan juga prajurit kita," pungkas Wapres.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)