Mutasi Akhir Mei 2023, Ini Daftar Jenderal TNI AD yang Bersiap Purnatugas

Selasa, 06 Juni 2023 - 17:41 WIB
loading...
Mutasi Akhir Mei 2023, Ini Daftar Jenderal TNI AD yang Bersiap Purnatugas
Terdapat sejumlah jenderal TNI AD yang masuk daftar mutasi akhir Mei 2023 dalam rangka persiapan purnatugas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jenderal TNI AD yang masuk daftar mutasi akhir Mei 2023 dalam rangka persiapan purnatugas. Salah satunya adalah eks Danpussenarhanud.

Beberapa waktu lalu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan rotasi, mutasi, dan promosi jabatan di lingkungan TNI. Ketentuan ini tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/568/V/2023 tanggal 31 Mei 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Pada penetapannya, terdapat sekitar 68 Perwira Tinggi (Pati) TNI, termasuk di antaranya 44 Pati TNI AD. Dari sekian banyak, beberapa nama akan segera memasuki masa pensiun dan dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD.


Jenderal TNI AD yang Dimutasi Dalam Rangka Pensiun

1. Brigjen TNI Leo Yunaidy Wibisono

Brigadir Jenderal TNI Leo Yunaidy Wibisono merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) Angkatan Darat yang masuk daftar mutasi terbaru. Terakhir kali, dia menjabat Komandan Satuan Komunikasi Elektronika (Satkomlek) TNI.

Berdasarkan SK mutasi akhir Mei 2023 lalu, Leo Yunaidy akan beralih tugas menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

2. Mayjen TNI Haris Sarjana

Berikutnya ada nama Mayjen TNI Haris Sarjana. Jebolan Akmil 1988 ini telah banyak menempati jabatan penting di militer.

Sebut saja seperti Bandep Informasi dan Pengelolaan Data Setjen Wantannas (2021-2022), hingga Danpussenarhanud (2022-2023). Pada mutasi terbaru, tugasnya akan beralih sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka purnatugas.

Sebelumnya, telah ditunjuk juga pengganti Haris Sarjana sebagai Danpussenarhanud. Dia adalah Mayjen TNI Johanis Payung.

3. Mayjen TNI Agus Yunianto

Jenderal bintang dua ini memiliki pengalaman bertugas di RSPAD Gatot Subroto. Sebelum dimutasi jadi Pati Mabes TNI AD, terakhir kali Agus Yunianto menjabat Kakommed RSPAD Gatot Subroto.

4. Brigjen TNI Lukmanul Khaqim

Brigjen TNI Lukmanul Khaqim menjadi salah satu Pati Angkatan Darat yang dimutasi dalam rangka purnatugas. Jabatan sebelumnya yang ditempati adalah Widyaiswara Bid Jemen Akmil sejak tahun 2022 lalu.

Selain itu, dia juga pernah menduduki posisi Widyaiswara Bid Jemen Seskoad (2020-2022) hingga Staf Khusus KSAD (2018-2020).


5. Brigjen TNI Tito Airlambang

Berikutnya ada nama Brigadir Jenderal TNI Tito Airlambang. Sebelum dimutasi jadi Pati Mabes TNI AD, jenderal bintang dua ini menjabat Widyaiswara Bidang Juangpimp Seskoad.

6. Mayjen TNI Diding Sutisna Sukarma

Mayor Jenderal TNI Diding Sutisna Sukarma merupakan lulusan Akmil 1988. Serdadu kelahiran 1965 ini telah cukup banyak menempati posisi strategis di militer.

Di antaranya adalah Danrem 062/Tarumanagara (2014-2015), Sekretaris Itjen TNI, Ir Seskoad (2020-2022), hingga Pa Sahli Tk. II Kasad Bidang Wasis (2022-2023). Berdasarkan mutasi terbaru, Diding akan menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

7. Brigjen TNI Grandy Mangiwa

Brigjen TNI Grandy Mangiwa juga akan segera memasuki masa purnatugas. Dimutasi jadi Pati Mabes TNI AD, sebelumnya jenderal bintang satu ini menjabat Dirjianbang Secapaad.

8. Brigjen TNI Pontjo Yunarko

Brigjen TNI Pontjo Yunarko sebelumnya menjadi Dokter Ahli Bidang CVC RSPAD Gatot Subroto. Pada mutasi akhir Mei 2023 lalu, tugasnya akan berubah menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

9. Brigjen TNI Syaiful Mashuri

Terakhir ada Syaiful Mashuri. Eks Dandim 1501/Ternate ini sempat menjabat Pa Sahli Tk.II Kamteror Sahli Bidang Polkamnas Panglima TNI serta Staf Khusus KSAD.

Dalam SK mutasi terbaru, Syaiful akan beralih tugas sebagai Pati Mabes TNI dalam rangka pensiun.

Itulah sederet nama jenderal TNI AD yang masuk daftar mutasi akhir Mei 2023 dalam rangka pensiun.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)