Menangkan Ganjar di Pilpres 2024, Relawan dan Parpol Dinilai Harus Sinergi

Senin, 05 Juni 2023 - 13:07 WIB
loading...
Menangkan Ganjar di Pilpres 2024, Relawan dan Parpol Dinilai Harus Sinergi
Kelompok relawan dan partai politik (parpol) pendukung wajib bersinergi dalam upaya memenangkan bakal capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kelompok relawan dan partai politik (parpol) pendukung wajib bersinergi dalam upaya memenangkan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 . Ganjar dinilai menjadi magnet bagi parpol dan kelompok relawan.

Kondisi tersebut bakal menguntungkan Ganjar jika kedua elemen tersebut bersinergi. Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab mengatakan, Ganjar jadi magnet sejak dideklarasikan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Bahkan, dukungan sudah mengalir jauh sebelum itu. Artinya, publik menilai figur Ganjar memang layak ikut berkompetisi di Pilpres 2024, terlebih sudah didukung oleh banyak parpol.

"Menjadi catatan, para relawan yang mendukung Ganjar untuk terus mengawal, bukan karena hal lain. Semestinya dukungan itu karena memang kelayakan Ganjar, ide, dan gagasan beliau untuk Indonesia semakin baik," kata Fadhli, Senin (5/6/2023).

Lebih lanjut dia mengatakan, di atas kertas, seharusnya kehadiran relawan menambah elektabilitas Ganjar, meski itu tidak mutlak. Untuk mewujudkan itu, perlu relawan yang bekerja keras untuk turun dan meyakinkan individu-individu agar memilih Ganjar pada Pilpres 2024.

"Sinergitas parpol dan relawan itu wajib. Solid dan totalitas menginfiltrasi basis massa pemilih mesti dimiliki kader dan relawan untuk bisa meyakinkan pemilih, karena mereka pemilik suaranya. Kalau sekedar membangun image dan pencitraan sudah selesai itu. Capres sudah ada tiga paslon yang sampai saat ini punya peluang berlaga," ujar Fadhli.

Sementara itu, Politikus Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir menuturkan kemunculan kelompok relawan akan memberi dampak bagi capres untuk mendekati simpul-simpul pemilik suara. Kelompok relawan harus benar-benar merapat kepada grassroot untuk berdiskusi tentang berbagai persoalan dan mengarahkan solusi dan harapan kepada figur yang didukung, yakni Ganjar Pranowo.

"Oleh karena itu, relawan-relawan yang bergabung dengan Ganjar, harus benar-benar memiliki struktur hingga ke grassroot agar dapat meningkatkan elektabilitas Ganjar. Para relawan harus dibekali informasi yang benar tentang Ganjar Pranowo dari sisi rekam jejaknya hingga visi misi , sehingga mampu berkomunikasi dengan baik kepada grassroot," kata Inas.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2569 seconds (0.1#10.140)