Loyalis Jokowi, Erick Thohir Dibutuhkan untuk Dampingi Capres di Pilpres 2024

Minggu, 04 Juni 2023 - 22:28 WIB
loading...
Loyalis Jokowi, Erick Thohir Dibutuhkan untuk Dampingi Capres di Pilpres 2024
Potensi keterusungan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin menguat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Potensi keterusungan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin menguat. Pasalnya, eks Presiden Inter Milan ini memiliki status loyalis Presiden Joko Widodo (Jokowi) sehingga dapat mendukung upaya pemenangan calon presiden (capres) di pilpres mendatang.

“Di antara nama yang menguat menurut saya adalah Erick Thohir. Karena Erick Thohir ini satu loyalis Pak Jokowi,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi secara virtual, Minggu (4/6/2023).



Seperti diketahui, Erick Thohir merupakan pemimpin yang tegak lurus dengan Presiden Jokowi. Ia adalah menteri yang menjadi andalan dan kepercayaan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Terbukti, Erick Thohir banyak menerima penugasan strategis dari Presiden Jokowi di pemerintahan, baik bersifat profesional maupun personal. Dalam ranah profesional, Erick Thohir berhasil menyukseskan penanggulangan pandemi Covid-19 dan memulihkan ekonomi nasional melalui gerakan ekonomi kerakyatan.

Ia menggalakkan program KUR, Mekaar, dan Makmur agar perekonomian masyarakat dapat terus berjalan selama pandemi Covid-19. Di samping itu, Erick Thohir berhasil menyukseskan penugasan dari Presiden Jokowi dalam mentransformasi Kementerian BUMN.

Erick juga berhasil mengurangi jumlah ratusan perusahaan BUMN menjadi 43 dan juga mendirikan Bank Syariah Indonesia (BSI). Erick Thohir juga berhasil menjawab tantangan Presiden Jokowi untuk memberantas korupsi di tubuh perusahaan-perusahaan BUMN.

Keberhasilan mengemban amanah dari Presiden Jokowi di Kementerian BUMN ini terekam jelas dengan meningkatnya laba secara konsisten setiap tahun dan rekor dividen kepada negara yang menyentuh angka terbesar dalam sejarah. Kemudian dalam ranah personal, Erick Thohir berhasil menyukseskan acara pernikahan dari anak Presiden Jokowi yakni Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Kota Solo.

Dalam satu kesempatan ketika berkunjung ke masyarakat di Riau, Presiden Jokowi juga menyatakan dengan terbuka jika Erick Thohir adalah menteri andalannya. Mengingat Presiden Jokowi memiliki tingkat kepuasaan yang tinggi di masyarakat, memiliki banyak pendukung setia di seluruh Indonesia, dan sebagai salah satu King Maker maka Erick Thohir yang merupakan pemimpin kepercayaannya menjadi potensial untuk dipinang sebagai cawapres.

Muhtadi mengatakan Erick Thohir dapat memuluskan restu dari Presiden Jokowi untuk capres yang didampingi pada Pilpres 2024 mendatang. Seperti halnya Capres Gerindra Prabowo Subianto yang dilihat oleh Muhtadi membutuhkan restu dari Presiden Jokowi agar memperoleh kemenangan di ajang pilpres ketiganya.



“Pak Prabowo sedang mendekat untuk mendapatkan blessingnya (restunya) Pak Jokowi dan banyak sinyalemen yang menunjukkan kedekatan antara Prabowo dan Erick Thohir,” pungkas Muhtadi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)