KRI Bung Karno-369: Dikomandani Letkol Laut Krido Satrio Utomo, Ditempatkan di Koarmada I

Jum'at, 02 Juni 2023 - 12:01 WIB
loading...
KRI Bung Karno-369: Dikomandani Letkol Laut Krido Satrio Utomo, Ditempatkan di Koarmada I
Kapal perang jenis korvet KRI Bung Karno-369 telah diresmikan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023). Foto/MPI/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Letkol Laut (P) Krido Satrio Utomo dikukuhkan sebagai Komandan Pertama kapal perang jenis korvet KRI Bung Karno-369 . Dia dikukuhkan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono setelah KRI buatan anak bangsa itu diresmikan oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

KRI Bung Karno-369 bakal ditempatkan di Koarmada I. "Kemudian yang kedua, tadi untuk penugasannya nanti kapal ini akan ditempatkan di Armada 1, jadi Koarmada 1 bermarkas di Tanjung Pinang," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali usai peresmian KRI Bung Karno-369 di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

Ali menjelaskan, dalam kondisi damai, kapal korvet itu akan diperuntukkan sebagai kapal kepresidenan. "Nanti dalam kondisi damai ini lebih diperuntukkan untuk kapal kepresidenan tapi apabila situasi mendesak, bisa saja digunakan untuk keperluan, untuk kombatan full mission, untuk tempur," ucapnya.

KRI Bung Karno-369: Dikomandani Letkol Laut Krido Satrio Utomo, Ditempatkan di Koarmada I

PengukuhanLetkol Laut (P) Krido Satrio Utomosebagai Komandan Pertama KRI Bung Karno-369. Foto: Riana Rizkia





Kendati saat ini kapal diperuntukkan sebagai kapal kepresidenan, namun Ali mengungkap, KRI Bung Karno-369 tersebut akan dilengkapi dengan peluru kendali permukaan ke permukaan atau surface to surface missile (SSM).

"Jadi, kapal ini nanti akan dilengkapi sesuai dengan fungsi asasi dari korvet itu sendiri. Tapi tugas pokoknya lebih ke arah peperangan permukaan dan peperangan anti udara," kata Ali.

Bahkan, kata Ali, KRI Bung Karno-369 memiliki meriam yang kalibernya lebih besar, serta dilengkapi dengan peluru kendali darat ke udara atau surface to air missile (SAM).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2699 seconds (0.1#10.140)