Kader Potensial NU, Peluang Erick Thohir Cawapres Kian Terbuka

Senin, 29 Mei 2023 - 07:32 WIB
loading...
Kader Potensial NU, Peluang Erick Thohir Cawapres Kian Terbuka
Nama Menteri BUMN Erick Thohir masuk sebagai figur cawapres potensial dari kalangan NU. Sosok Erick Thohir semakin menguat juga berkat kerja-kerja gemilangnya dalam menakhodai Kementerian BUMN. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama Menteri BUMN Erick Thohir masuk sebagai figur calon wakil presiden ( cawapres ) potensial dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Sosok Erick Thohir semakin menguat juga berkat kinerja positifnya dalam menakhodai Kementerian BUMN.

Pengamat Politik UIN Jakarta Zaki Mubarak mengatakan, peluang Erick Thohir menjadi cawapres semakin terbuka di Pilpres 2024. Erick Thohir yang juga kader NU tengah menjadi perhatian banyak partai politik (parpol).

“Belakangan (Erick Thohir) mulai melejit setelah mendapatkan rekomendasi dari NU. Dalam artian dia punya kartu Ansor dari Banser,” kata Zaki, Minggu (28/5/2023).

Dia menambahkan, keterikatan Erick Thohir dengan NU membuatnya semakin memiliki modal besar maju cawapres. Di samping juga, lanjut dia, karena tingginya elektabilitas Erick Thohir dalam sejumlah temuan survei menjadi daya tawar lainnya.

Dia menilai, hadirnya dukungan besar dari NU kepada Erick Thohir sudah sangat mengakar dalam organisasi Islam terbesar di Tanah Air. Eks Presiden Inter Milan tersebut juga mendapat simpati besar dari para kiai sepuh NU. “NU secara eksplisit beberapa aktornya mengatakan bahwa nama Erick Thohir akan mereka dukung,” terangnya.

Diketahui terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi Erick Thohir menjadi figur cawapres terkuat dari NU. Misalnya paling terlihat, peran besar Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Hari Lahir (Harlah) Satu Abad NU.

Merujuk pada hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 30 April-5 Mei 2023, elektabilitas Erick Thohir sukses tempati daftar teratas. Pada simulasi lima nama, Erick Thohir berhasil meraih elektabilitas sebesar 18,8%.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2619 seconds (0.1#10.140)