Progres Pembangunan Istana Presiden di IKN Sudah 15%

Minggu, 28 Mei 2023 - 05:06 WIB
loading...
Progres Pembangunan Istana Presiden di IKN Sudah 15%
Lokasi Istana Presiden di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
JAKARTA - Pembangunan Ibu Kota Nusantara ( IKN ) di Kalimantan Timur digenjot pemerintah. Ditargetkan, kawasan IKN dapat digunakan pada peringatan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Bersama kantor Otoritas Jasa Keuangan DIY, reporter MNC Portal Indonesia berkesempatan mengunjungi lokasi pembangunan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (27/5/2023). Perlu waktu sekitar 3 jam perjalanan darat dari Balikpapan untuk sampai ke kawasan IKN.

Infrastruktur jalan tol kemudian jalan sodetan menuju ke lokasi IKN sudah bagus. Sebagian besar jalan sudah berupa beton dan lancar dilalui meskipun terdapat tanjakan dan kelokan.



Hanya saja, ketika masuk di area IKN menuju ke kawasan inti yaitu kawasan Istana Presiden masih berupa jalan tanah yang bergelombang dan berdebu. Namun jalan tersebut sudah representatif untuk dilalui.

Pejabat Pembuat Komitmen Tanggap Darurat, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur, Kementerian PUPR Basuki Suwarno mengatakan saat ini pihaknya tengah berusaha menyelesaikan pembangunan kompleks Istana Presiden seluas 100 hektare. Ada 3 paket pekerjaan yang harus mereka selesaikan sampai 17 Agustus 2024.

"Prinsipnya secara umum istana (presiden) nanti di kawasan ini ada tiga paket pekerjaan yang kita lakukan," katanya.





Tiga paket tersebut adalah pembangunan lapangan upacara dan istana yang satu paket. Kemudian paket yang kedua adalah pembangunan Kantor Presiden. Sedangkan paket yang ketiga adalah pembangunan gedung kantor Sekretariat Presiden dan bangunan pendukung dan sarana lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)