Daftar 25 Daerah Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini Akibat Gangguan Siklon Tropis

Minggu, 28 Mei 2023 - 03:57 WIB
loading...
Daftar 25 Daerah Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini Akibat Gangguan Siklon Tropis
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di 25 wilayah Indonesia pada hari ini, Minggu (28/5/2023). Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di 25 wilayah Indonesia pada hari ini, Minggu (28/5/2023). Hal tersebut akibat adanya gangguan siklon tropis hingga sirkulasi siklonik.

BMKG melaporkan Siklon Tropis Mawar saat ini masih terpantau berada di Laut Filipina sebelah timur Filipina. Namun, siklon tropis ini bergerak ke arah barat - barat laut, menjauhi wilayah Indonesia, dan dalam 24 jam ke depan diprakirakan memiliki intensitas persisten.

“Sistem ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi), daerah pertemuan angin (konfluensi), dan menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Samudra Pasifik sebelah timur Filipina sekitar sistem,” ungkap BMKG dikutip dari laman resminya, Sabtu (27/5/2023).



BMKG juga mendeteksi adaya Sirkulasi Siklonik yang terpantau berada di Papua bagian utara, dan Samudera Hindia Barat Lampung. Keduanya membentuk daerah konvergensi dari Papua Nugini hingga Papua, dan dari Samudera Hindia Barat Laut Lampung hingga pesisir Barat Lampung.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Samudera Hindia Barat Aceh hingga Selat Malaka, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, serta dari Laut Maluku hingga Pulau Halmahera. Daerah pertemuan angin (konfluensi) juga terpantau berada di Teluk Thailand, di Samudera Hindia Selatan NTT hingga Barat Daya Banten, dan Samudera Pasifik Timur Filipina.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar siklon tropis, sirkulasi siklonik, dan di sepanjang daerah low level jet, konvergensi, maupun konfluensi tersebut,” ungkap BMKG.

Berikut 18 wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Minggu, 28 Mei 2023:

1. Aceh
2. Sumatera Barat
3. Riau
4. Kepulauan Riau
5. Bengkulu
6. Jambi
7. Sumatera Selatan
8. Kepulauan Bangka Belitung
9. Lampung
10. Banten
11. Jawa Barat
12. Nusa Tenggara Barat
13. Kalimantan Utara
14. Sulawesi Utara
15. Gorontalo
16. Sulawesi Tengah
17. Sulawesi Tenggara
18. Papua.

Kemudian, sebanyak 7 wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah:
1. Sumatera Utara
2. DKI Jakarta
3. Kalimantan Barat
4. Kalimantan Tengah
5. Sulawesi Selatan
6. Maluku
7. Papua Barat.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)