Menteri LHK Kenang Sarwono Kusumaatmadja: Pribadi Penuh Teladan dan Berpengetahuan Luas

Sabtu, 27 Mei 2023 - 20:13 WIB
loading...
Menteri LHK Kenang Sarwono Kusumaatmadja: Pribadi Penuh Teladan dan Berpengetahuan Luas
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar memberikan keterangan kepada media saat takziyah di rumah duka almarhum Sarwono Kusumaatmadja. FOTO/MPI/IRFAN MAULANA
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menganggap almarhum Sarwono Kusumaatmadja merupakan salah satu putra terbaik bangsa. Sarwono dianggap sebagai mentor sekaligus senior dengan ketauladanan dan penuh pengetahuan.

"Solutif dan menjadi tempat yang nyaman untuk diajak bicara dalam perspektif dan spektrum yang begitu lebar," kata Siti Nurbaya saat melayat di rumah duka almarhum Sarwono Kusumaatmadja di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (27/5/2023).

Untuk diketahui, Sarwono Kusumaatmadja mengembuskan napas terakhir pada Jumat (26/5/2023) pukul 17.12 WIB di Penang, Malaysia. Jenazah telah tiba di rumah duka, Sabtu (27/5/2023) pukul 18.10 WIB.



"Beliau enak bicara Komnas HAM, bicara HAM, bicara korupsi, lingkungan udah jangan diomongin lagi, udah segala macem iklim dan lain-lain," kata Siti Nurbaya.

Ia mengaku banyak memiliki catatan baik soal Sarwono, antara lain terkait keteladanan dan pengetahuannya. "Keteladanan dan hal hal yang positif, terima kasih atas semua dukungan semua pihak, mulai dari Konjen, Kemlu, Kementerian Perhubungan. Pak Menhub Budi Karya juga banyak saya ganggu untuk kelancaraan, Kemlu juga, tentu juga jajaran kementerian KLHK," katanya.

Siti Nurbaya terkejut tatkala mengetahui kabar kepergian Sarwono. Sebab, baru saja dia mendapatkan informasi bahwa Sarwono dirawat di rumah sakit di Penang, Malaysia.

Baca Juga: Jenazah Mantan Menteri Sarwono Tiba di Indonesia

"Sakit sejak ke rumah sakit ke Penang tanggal 11 (Mei 2023), tanggal 17 (Mei 2023) saya dikasih tahu bagaimana gambaran kondisi penyakitnya, tanggal 21 (Mei 2023) mulai dilakukan pengobatan medis, tanggal 25 (Mei 2023) saya menjenguk, dan kemarin saya kembali ke Jakarta," jelasnya.

Ia mengaku sangat kehilangan sosok Sarwono. Sebab, Sarwono adalah pakar perubahan iklim. Kinerjanya selama menjabat sebagai Menteri di tuga era presiden pun sudah tak diragukan lagi.

"Saya kira Pak Srwono juga punya kader yang banyak dan cukup baik. Meskipun dalam hati kita tahu bahwa beliau mngkin tidak tergantikan ya tapi pekerjaan-pekerjaan birokratik saya kira akan lancar dilakukan," katanya.

Saat ini, jenazah Sarwono tengah disemayamkan rumah duka di Jalan Balitung III Nomor 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Rencananya, almarhum Sarwono akan dikebumikan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Minggu (28/5/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)