Kans Duet Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, Gerindra Buka Suara

Selasa, 23 Mei 2023 - 07:27 WIB
loading...
Kans Duet Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, Gerindra Buka Suara
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto makan malam dengan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/5/2023) malam. FOTO/TIM MEDIA PRABOWO SUBIANTO
A A A
JAKARTA - Partai Gerindra menangapi wacana duet Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres). Gerindra menganggap wacana itu sekedar obrolan dan pemikiran yang berkembang.

"Gini, ya itu (Prabowo-Gibran) omong-omong, pikiran yang berkembang dari banyak anu. Tapi saya kira perlu ada pemikiran dan kajian lebih serius," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Wakil Ketua MPR ini menjelaskan, ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) mengatur batas minimum usia capres dan cawapres adalah 40 tahun. Dari aturan ini, maka tidak memungkinkan bagi Gibran maju di Pilpres 2024.



"Karena undang-undangnya dari sisi umur belum memungkinkan kalau itu harus dilakukan," katanya.

Terkait gugatan batas minimum usia cawapres yang tengah diuji di Mahkamah Konstitusi (MK), Muzani enggan membicarakannya. "Jangan bicara uji materi karena belum ada keputusan," katanya.

Ahmad Muzani menganggap pertemuan Prabowo dan relawan Jokowi yang didampingi Gibran bukanlah manuver Gerindra. Peristiwa itu merupakan bagian dari rute perjalanan Prabowo dari Pekalongan menuju Solo karena esok harinya Prabowo harus ke Pacitan menggunakan helikopter.

"Jarak yang cukup dekat itu adalah Solo. Kemudian Pak Prabowo di Solo, kemudian Mas Gibran datang untuk menemeni makan malam," ungkap Muzani.



Soal kontribusi Relawan Jokowi terhadap Prabowo, menurut Muzani, dukungan seorang presiden kepada capres bagi Gerindra adalah sesuatu yang sangat berarti. Sebab, bagaimana pun presiden memiliki kemampuan dan kekuatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)