Pendekatan Erick Thohir Menumbuhkan Mental Juara Timnas U-22

Jum'at, 19 Mei 2023 - 12:28 WIB
loading...
Pendekatan Erick Thohir Menumbuhkan Mental Juara Timnas U-22
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Menpora Dito Ariotedjo, pelatih Timnas sepak bola Indonesia U-22 Indra Sjafri, serta pemain dan ofisial melintas dalam arak-arakan Kontingen SEA Games 2023 di Kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (19/5/2023). FOTO/MPI/ARIF
A A A
JAKARTA - Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja dinilai tak lepas dari pendekatan yang dilakukan Erick Thohir kepada para pemain. Ketua Umum PSSI itu memberikan motivasi kepada Garuda Muda agar memiliki mental juara, sehingga berjuang hingga akhir pertadingan.

Penilaian ini disampaikan Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Prof Poppy Sulistyaning Winanti. Menurutnya, prestasi Timnas U-22 sangat dipengaruhi kelembagaan yang baik.

"Dengan kelembagaan yang baik dipastikan dapat memotivasi atlet untuk berprestasi, sehingga tak sekadar menumbuhkan value tetapi harus didukung pembenahan kelembagaan. Saat ini, Erick tengah membuat kelembagaan di PSSI menjadi profesional," kata Poppy dalam keterangan tertulis, Jumat (19/5/2023).



Pendekatan dan pembenahan kelembagaan tidak hanya dilakukan Erick Thohir tapi juga di Kementerian BUMN yang dipimpinnya. Motivasi yang kerap diberikan Erick kepada managemen BUMN adalah menekankan agar menjadi juara, sportif, menumbuhkan etos kerja yang tinggi, dan loyalitas kepada seluruh jajaran.

Motivasi tersebut membuahkan hasil. Pendapatan konsolidasi BUMN pada kuartal I-2023 menyentuh Rp730 triliun, naik 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang Rp630 triliun.

Pada 2022, BUMN laba bersih BUMN secara konsolidasi mencapai Rp303,7 triliun. Dengan demikian, terdapat kemungkinan peningkatan laba yang sangat signifikan sebesar Rp179 triliun. Dengan laba yang terus meningkat tersebut diperkirakan negara akan mendapatkan dividen tak kurang dari Rp80,2 triliun.

"Motivasi untuk dapat menjadi juara juga disampaikan Ketua PSSI kepada Garuda Muda sebelum bertanding. Dan hasilnya terbukti dengan kemampuan teknik yang diberikan coach Indra Sjafri serta Erick memberikan motivasi, menekankan sportivitas dan menumbuhkan mental juara, membuahkan emas di SEA Games," ucap Poppy.

Baca Juga: Ketum PSSI Erick Thohir Ikuti Arak-arakan Kontingen SEA Games 2023
BUMN bisa menjadi juara seperti saat ini, menurut Poppy, bukanlah pekerjaan yang mudah dan singkat. Butuh waktu yang cukup panjang, pengorbanan yang tinggi dari seluruh elemen di BUMN. Selama ini ada anggapan BUMN kerap mendapatkan hak istimewa. Di bawah kepemimpinan Erick, Poppy melihat privilege yang sering diberikan negara ke BUMN lambat laun berkurang.

"Tentunya dengan mengurangi ketergantungan kepada pemerintah, sehingga nantinya perusahaan BUMN dapat berkompetisi dengan swasta nasional dan memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)