Mengenal 4 Letnan Jenderal yang Menduduki Jabatan di Mabes TNI

Jum'at, 19 Mei 2023 - 12:57 WIB
loading...
Mengenal 4 Letnan Jenderal yang Menduduki Jabatan di Mabes TNI
Terdapat empat letnan jenderal yang kini tengah bertugas di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat empat letnan jenderal yang kini tengah bertugas di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI). Terdiri dari dua Angkatan Darat (AD), satu Angkatan Laut (AL), dan satu Angkatan Udara (AU).

Susunan Organisasi yang ada di Mabes TNI ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 62 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dalam susunan jabatan dan kepangkatan Perwira Tinggi di lingkungan TNI tersebut hanya ada satu jenderal bintang empat, disusul dengan empat jenderal bintang tiga, enam jenderal bintang dua, dan 12 jenderal bintang satu.


Letnan Jenderal yang Menjabat di Mabes TNI

Berikut ini empat Jenderal yang berada di Mabes TNI saat ini, mereka menjabat sebagai Kasum TNI, Irjen TNI, Dansesko TNI, dan Pangkostrad.

1. Letnan Jenderal TNI Bambang Ismawan

Letjen TNI Bambang Ismawan saat ini tengah menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI setelah terkena mutasi pada 16 Januari 2023 lalu. Pria kelahiran 1 Agustus 1966 ini sebelumnya menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI sejak tahun 2021.

Beberapa posisi strategis lain yang pernah diduduki Alumni Akmil 1988 ini di antaranya Panglima Kodam XVI/Pattimura, Asisten Intelijen Kasad, dan Wakil Komandan Pusterad.

2. Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono

Selanjutnya ada Letjen (Mar) Bambang Suswanto yang menjabat sebagai Inspektur Jenderal TNI. Jabatan itu telah diemban sejak 21 Oktober 2020 silam. Sepanjang karier militernya, lulusan AAL tahun 1987 ini telah mencicipi banyak jabatan penting.

Salah satunya ketika terpilih sebagai Komandan Paspampres di tahun 2016 lalu, pada masa kepresidenan Joko Widodo. Setelah itu, pria kelahiran 6 November 1965 ini sempat menduduki jabatan Dankormar tahun 2017, Aspotmar Kasal pada 2018, dan Danjen Akademi TNI di awal 2020.


3. Marsekal Madya TNI Kusworo

Dari marka Angkatan Udara ada nama Marsdya TNI Kusworo yang menjabat sebagai Komandan Sesko TNI sejak 4 November 2022. Pria asal Kebumen Jawa Tengah ini sebelumnya merupakan Asisten Personalia Panglima TNI di tahun 2021.

Ketika masih berpangkat Marsekal Muda di awal 2021, pria kelahiran 12 Februari 1967 ini pernah menjabat sebagai Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) KSAU. Dimana sebelumnya dia sempat menjadi Kadisopslatau saat masih berpangkat Marsekal Pertama.

4. Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Terakhir ada Letjen Maruli Simanjuntak yang lahir pada 24 Februari 1970. Sejak 31 Januari 2022 dirinya telah didapuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) di Markas Besar TNI AD.

Nama menantu Luhut Binsar Pandjaitan ini mulai melejit setelah menjabat sebagai Komandan Paspampres pada tahun 2018. Setelah itu dia dipindahkan untuk menjadi Pangdam IX/Udayana tahun 2020, dan tidak berselang lama mendapat kenaikan pangkat dari Mayjen TNI menjadi Letjen TNI ketika menjadi Pangkostrad.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)