3 Jenderal Bintang Tiga Jebolan Akmil 90-an di Tubuh Mabes TNI AD, Salah Satunya Menjadi Wakasad

Jum'at, 28 April 2023 - 16:42 WIB
loading...
3 Jenderal Bintang Tiga Jebolan Akmil 90-an di Tubuh Mabes TNI AD, Salah Satunya Menjadi Wakasad
Terdapat sejumlah jenderal bintang tiga jebolan Akademi Militer tahun 1990-an yang menduduki jabatan penting di tubuh Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Darat (AD). Salah satunya Letjen Agus Subiyanto. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jenderal bintang tiga jebolan Akademi Militer tahun 1990-an yang menduduki jabatan penting di tubuh Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Darat (AD). Salah satunya menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad).

Secara organisasi mabes TNI AD berada di bawah naungan mabes Tentara Nasional Indonesia (TNI). Setiap tahunnya, Markas Besar TNI AD telah diisi oleh jenderal yang lahir dari generasi yang berbeda. Termasuk jebolan Akmil 1990-an.


Berikut 3 jenderal bintang tiga lulusan Akmil 1990-an di tubuh Mabes TNI AD:

1. Agus Subiyanto

Letjen Agus Subiyanto merupakan salah seorang perwira tinggi TNI AD. Sejak tanggal 31 Januari 2022, ia mulai mengemban amanat sebagai Wakasad.

Pria kelahiran Pangandaran 5 Agustus 1967 ini merupakan lulusan Akademi Militer 1991 dari kecabangan Infanteri Kopassus. Selain itu, ia juga menempuh pendidikan militer lainnya seperti Sussarcab Infanteri, Komando, Diklapa I Sesko TNI hingga Lemhannas.

Selama meniti karier di dunia militer, jenderal bintang tiga ini telah banyak memperoleh brevet penghargaan. Beberapa diantaranya seperti Brevet Kualifikasi Komando Kopassus,Brevet Free Fall dan Brevet Para Utama.


2. Richard Taruli Horja Tampubolon

Berikutnya ada nama Letnan Jenderal TNI Richard Taruli Horja Tampubolon. Perwira tinggi (pati) asal Batak Toba ini sejak 27 Juni 2022 mengemban amanat sebagai Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat.

Dalam riwayatnya, Pria kelahiran Jakarta, 24 Mei 1969 ini merupakan lulusan dari Akademi militer tahun 1992 kecabangan infanteri kopassus.

Sepanjang kariernya, jenderal bintang tiga ini telah menduduki beberapa posisi penting di militer. Diantaranya seperti Wadanjen Kopassus, Kasdam VI Mulawarman, Kaskogabwilhan I, Dankoopssus TNI, Pangdam XVI/Pattimura dan Irjenad.

3. Maruli Simanjuntak

Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak merupakan perwira tinggi TNI AD. sejak 31 Januari 2022, ia mengemban amanat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Pria kelahiran Bandung, 24 Februari 1970 ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1992 dari kecabangan Infanteri Kopassus.

Sepanjang kariernya di militer, jenderal bintang tiga ini telah banyak menduduki posisi penting di jajaran TNI AD. Beberapa diantaranya seperti Wadanpaspampres, Kasdam IV/Diponegoro, Danpaspampres, Pangdam IX/Udayana dan Pangkostrad.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)