Ketangguhan FV101 Scorpion, Tank Buatan Inggris yang Pernah Jadi Andalan TNI

Rabu, 17 Mei 2023 - 15:28 WIB
loading...
Ketangguhan FV101 Scorpion, Tank Buatan Inggris yang Pernah Jadi Andalan TNI
FV101 Scorpion menjadi salah satu tank yang pernah menjadi andalan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - FV101 Scorpion menjadi salah satu tank yang pernah menjadi andalan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dalam riwayatnya, tank ini pernah dibeli Indonesia pada tahun 1995 dan 1996.

Mengutip informasi dari laman Kemhan RI, saat itu pembelian FV101 Scorpion menjadi kebijakan yang bagus, mengingat bentuk dan spesifikasinya yang cocok dengan kondisi alam Indonesia.


Sejarah Tank FV101 Scorpion

FV101 Scorpion merupakan tank ringan modern buatan Alvis Vickers (Inggris) yang diakuisisi oleh BAE System Land System (Weapon & Vehicles). Pasca produksinya, militer Inggris menggunakan tank ini pada tahun 1973 hingga 1994.

Sejak saat itu, telah diproduksi lebih dari 3000 tank FV101 Scorpion beserta varian-variannya.

Spesifikasi Tank FV101 Scorpion

Tank ini dirancang sebagai kendaraan militer yang cepat, tangkas, dan mudah dibawa. Terbuat dari bahan utama aluminium alloy composite pada hampir semua bagian pelindungnya, berat tank ini menjadi cukup ringan serta memiliki ketebalan 12,7 mm.

Pada awalnya, tank ini menggunakan sumber tenaga mesin Jaguar tipe J.60 4.2 liter enam silinder. Namun, generasi berikutnya memakai mesin diesel Cummins tipe BTA 5.9 liter dengan tenaga 190 hp, serta daya jelajah hingga 644 km.

Dalam penggunaannya, tank Scorpion mampu menampung 3 orang awak, yaitu satu pengemudi, satu Penembak (gunner) dan seorang komandan.



Beralih ke persenjataan, pengembang menghadirkan meriam L23A1 76mm buatan Inggris berpeluru high explosive (HESH), pelontar granat asap serta fasilitas APDS (Armor Piercing Discarding Sabot).

Selain meriam utama sebagai senjata, biasanya pada kubah atas bagian kiri tank juga disematkan senapan mesin Coaxial dengan 7,62 mm. Tak hanya itu, senjata ATGM (Anti Tank Guided Missile ) juga dapat dipasangkan pada tank ini.

Pada riwayat operasinya, FV101 Scorpion telah populer dan digunakan di negara-negara Asia Tenggara yang memiliki hutan lebat atau berbentuk kepulauan, termasuk Indonesia.

Salah satu hal yang membuatnya cukup disukai adalah kemampuannya yang bisa menjelajah di segala medan tempur, serta kemampuan manuvernya yang lincah dan stabil.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)