Didampingi HT, Jokowi Apresiasi Kehadiran PSMTI di Istana

Senin, 15 Mei 2023 - 16:47 WIB
loading...
Didampingi HT, Jokowi Apresiasi Kehadiran PSMTI di Istana
PSMTI didampingi oleh Dewan Kehormatan Senior sekaligus Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT), beraudiensi dengan Presiden Jokowi, Senin (15/5/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) didampingi oleh Hary Tanoesoedibjo (HT), Dewan Kehormatan Senior sekaligus Executive Chairman MNC Group, beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Audiensi ini digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/5/2023).

Presiden Jokowi menerima 80 pengurus dan Dewan PSMTI baik tingkat pusat maupun provinsi. Dalam kesempatan ini, PSMTI ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas apa yang telah dilakukan Presiden Jokowi selama dua periode kepemimpinannya.

"Jadi saya ada di sini bersama Pak Wilianto Tanta, beliau adalah Ketum PSMTI, PSMTI itu adalah Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa Indonesia. Jadi saya mendampingi tadi romobongan PSMTI, para pimpinan dari berbagai provinsi, dan juga pimpinan DPP yang dipimpin oleh Pak Wilianto Tanta," kata HT di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/5/2023).

"Esensi dari pertemuan tadi adalah silaturahmi karena baru pertama kali selama 25 tahun," tambahnya.

HT mengatakan, bahwa PSMTI baru kali pertama bertemu Presiden dalam hal ini Jokowi sejak berdiri 25 tahun yang lalu. Dirinya menjelaskan bahwa PSMTI itu adalah paguyuban atau perkumpulan dari semua warga Tionghoa di Indonesia dengan berbagai macam marga yang semuanya dinaungi.

"Kalau saya lihat dari data statistik, ada 7 juta lebih warga Tionghoa di Indonesia dan juga tentunya mayoritas dari mereka adalah pengusaha. Jadi kalau kita melihat berapa besar yang ada di bawah PSMTI, langsung atau tidak langsung, sangat besar," ucap HT.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi pun mengapresiasi kehadiran Rombongan PSMTI. "Biasanya, audiensi itu tiga sampai empat orang, ini 80 orang, ramai-ramai namanya," kelakar Jokowi.

Jokowi dalam pengarahannya menyampaikan rasa kagumnya terhadap PSMTI. Dirinya mengaku mendukung kegiatan sosial yang dilakukan oleh PSMTI.

"Selama ini saya sudah mendengar, terutama saat pandemi, saya tahu dan mendengar, Bapak Ibu mengumpulkan dan membagikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Negara kita perlu kegiatan sosial semacam ini, penyetaraan dan pembauran," jelas Jokowi.

Jokowi pun berpesan kepada PSMTI, untuk mencari pemimpin yang kuat dan mampu untuk melanjutkan apa yang telah dilakukan. "Kita punya kebiasaan mengulang. Saat ini sudah sampai SMA, saat ganti pemimpin kembali ke TK, jadi kapan sampainya," tegas Jokowi.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan Piagam Apresiasi dari PSMTI kepada Presiden Jokowi. Dalam pertemuan ini nampak terlihat Chairwoman MNC Group Liliana Tanoesoedibjo dan Ustaz Yusuf Mansur.

Diketahui, PSMTI menaungi setidaknya 100 Marga Tionghoa di Indonesia dengan perkiraan jumlah Suku Tionghoa Indonesia mencapai 20 juta jiwa. Kegiatan PSMTI selama ini adalah sosial, budaya, kemasyarakatan serta pendidikan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)