Karier Gemilang Wahyu Widada, Jenderal Kepercayaan Kapolri yang Jabat Kabagintelkam

Sabtu, 13 Mei 2023 - 06:38 WIB
loading...
Karier Gemilang Wahyu Widada, Jenderal Kepercayaan Kapolri yang Jabat Kabagintelkam
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kabaintelkan Komjen Wahyu Widada yang merupakann rekan seangkatan di Akpol. Foto/Instagramm Wahyu Widada
A A A
JAKARTA - Komisris Jenderal (Komjen) Wahyu Widada merupakan lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) 1991, rekan seangkatan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Sejak 26 Februari 2023 lalu, dia ditunjuk sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri menggantkan Komjen Ahmad Dofiri yang dimutasi menjadi Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri.

Bukan hanya rekan seangkatan, Wahyu Widada juga dikenal sebagai orang kepercayaan Listyo Sigit. Polisi kelahiran Sleman, 11 September 1969 ini merupakan ketua tim perumus program ketika Listyo Sigit mengikuti fit and proper test sebagai kapolri di DPR. Dia diminta Listyo Sigit untuk mengatur dan merancang program kerja calon Kapolri selama masa jabatannya.


Jejak Karier Wahyu Widada


Lulus Akpol pada 1991, Wahyu Widada mengawali kariernya di kepolisian sebagai Pama Subdit Poludara Ditsamapta Polri pada 1992. Dua tahun berselang dia menjadi Co Pilot Sat Yaptar Subdit Poludara Disamapta Polri. Sampai mengikuti Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian pada 1998, Wahyu Widaya menghabiskan kariernya di Direktorat Samapta Polri.

Sempat menjadi Paban Muda Kermadik Padya Bangdik Paban III/Dik Spers, Wahyu Widada mulai dipercaya memimpin wilayah pada 2001 sebagai Kapolsek Metro Pademangan. Setelah tiga tahun bertugas, dia ditunjuk menjadi Wakapolres Bekasi pada 2004.



Setelah masuk dan menjadi lulusan terbaik Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Lemdiklat Polri dan menjadi lulusan terbaik pada 2006, Wahyu Widada akhirnya dipercaya menjabat Kapolres Pekalongan pada 2008. Setahun di Pekalongan, dia lalu ditunjuk sebagai Aspri Kapolri pada 2009.

Pada September 2010, Wahyu Widada kembali ditugaskan sebagai pimpinan teritorial, yaitu Kapolres Metro Tangerang lalu Kapolres Metro Tangerang Kota pada Oktober 2011.

Pada 2018, Wahyu Widada ditunjuk menjadi Wakapolda Riau lalu dipromosikan menjadi Kapolda Gorontalo pada 2019, dilanjutkan Kapolda Aceh pada 2020. Di masa inilah, Wahyu Widada satu kasus yang berhasil dibongkar adalah penyelundupan 61 kilogram narkotika jenis sabu milik jaringan internasional.

Setelah lebih setahun bertugas di Aceh, Wahyu Widada masuk Mabes Polri dengan jabatan As SDM Kapolri pada 20 Juli 2021. DDua tahun kemudian, dia pun dipercaya menduduki kursi Kabaintelkam.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)