Kapolri Dinilai Sukses Jaga Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Jum'at, 12 Mei 2023 - 21:06 WIB
loading...
Kapolri Dinilai Sukses Jaga Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo
KTT ke-42 ASEAN Summit di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) berjalan dengan aman dan lancar, berkat strategi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - KTT ke-42 ASEAN Summit di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) berjalan dengan aman dan lancar. Selain dukungan masyarakat, strategi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam pengamanan event internasional dinilai juga menjadi kunci.

Guru Besar Ilmu Hukum Internasional Universitas Indonesia, Prof Hikmahanto Juwana menilai, berhasilnya Kapolri bersama jajaran mengamankan agenda tersebut dapat dilihat dari serangkaian acara yang berjalan lancar.

"Menurut saya sangat lancar dengan tiga alasan, pertama tidak ada masalah keamanan yang terjadi. Kedua Para kepala negara dan kepala pemerintahan merasa nyaman selama di Labuan Bajo dan para pengawal dan aparat keamanan masing-masing negara dapat bersinergi," kata Hikmahanto, Jumat (12/5/2023).



Bahkan menurut Hikmahanto, keberhasilan pengamanan yang dilakukan dalam agenda internasional ini bisa terlihat sampai dengan perjalanan dari tamu masing-masing negara yang kembali semua aman dari Labuan Bajo.

"Ini menggambarkan bahwa Indonesia sangat aman, tidak hanya untuk para kepala negara dan kepala pemerintahan tetapi juga WNA utamanya wisatawan," ucapnya.

Senada dengan itu, Dosen Fisip Universitas Bung Karno, Faisyal Chaniago menilai, strategi pengamanan yang dilakukan Kapolri Listyo Sigit sudah tepat. Terbukti dengan tidak adanya reaksi negatif dari masyarakat.

"Kalau dari indikator keamanan. Polisi cukup berhasil. Buktinya tidak ada reaksi negatif dari masyarakat. Demonstrasi penolakan tidak ada. Menunjukkan intelijen bekerja dengan baik," ujarnya.

Dia menambahkan, tamu negara dapat menikmati keindahan Labuan Bajo. Bahkan, masyarakat turut memeriahkan KTT ASEAN Summit.

"Semua elemen-elemen pengganggu tidak ada. Baik itu berupa penolakan langsung seperti demontrasi. Dan tak langsung menggunakan sosial media juga tidak ada. Menunjukan bahwa operasi polisi cukup berhasil," tutupnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)