Momen Jokowi Bersama Pemimpin ASEAN Kenakan Tenun Songke Asli Manggarai

Kamis, 11 Mei 2023 - 16:55 WIB
loading...
Momen Jokowi Bersama Pemimpin ASEAN Kenakan Tenun Songke Asli Manggarai
Presiden Jokowi membagikan momen bersama para pemimpin negara-negara ASEAN saat mengenakan baju tenun songke asli Manggarai. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) membagikan momen bersama para pemimpin negara-negara ASEAN saat mengenakan baju tenun songke asli Manggarai. Momen tersebut terjadi saat puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/5/2023).

“Baju tenun songke Manggarai pas benar dikenakan para pemimpin negara-negara ASEAN yang mengikuti KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo hari kedua. Warnanya beragam,” kata Jokowi lewat akun media sosialnya.

Terlihat para pemimpin terlihat mengenakan tenun dengan warna yang beragam. “Songke adalah tenun khas masyarakat Manggarai yang berdiam di sisi barat Pulau Flores. Kain tenun ini wajib dikenakan saat acara-acara adat, antara lain saat kenduri (penti), membuka ladang (randang), hingga saat musyawarah (nempung),” kata Jokowi.



Lebih lanjut, dari keterangan resmi yang diterima dari Biro Pers Media Sekretariat Presiden bahwa baju tenun songke asli Manggarai umumnya berwarna dasar hitam, sedangkan warna benang untuk sulam umumnya warna-warna yang mencolok, seperti merah, putih, oranye, dan kuning.



Setiap motif mengandung arti dan harapan dari orang Manggarai dalam hal kesejahteraan hidup, kesehatan, dan hubungan baik antara manusia dan sesamanya, manusia dengan alam, maupun dengan Sang Pencipta.

Selepas semua pemimpin berkumpul di ruang tunggu naratetama lobi hotel, Presiden Jokowi mengajak para pemimpin untuk berfoto bersama. Dengan latar belakang kapal pinisi, seluruh pemimpin tampak menyilangkan tangannya dan bergandengan.

Setelah itu, Presiden Jokowi mengajak para pemimpin menuju Komodo Ballroom di Meruorah Convention Center untuk mengikuti Sesi Retreat KTT ke-42 ASEAN.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)