9 Politikus Muda Parlemen Indonesia Diundang ke Paman Sam oleh Kemlu AS

Senin, 08 Mei 2023 - 19:05 WIB
loading...
9 Politikus Muda Parlemen Indonesia Diundang ke Paman Sam oleh Kemlu AS
Sembilan politikus muda dari partai politik Parlemen Indonesia diundang oleh Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sembilan politikus muda dari partai politik Parlemen Indonesia diundang oleh Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS). Ada apa mereka diundang ke negeri Paman Sam?

Salah satu politikus yang diundang ke AS adalah Politikus Muda Partai Amanat Nasional (PAN) Rizki Aljupri. Rizki menyebut mereka diundang dalam rangka mengikuti International Visitor Leadership Program (IVLP).



"Undangan resmi dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (US Department of State). Masing-masing partai politik yang memiliki kursi di DPR RI diminta untuk mengirimkan 1 perwakilan politisi mudanya untuk mengikuti program IVLP," ujar Rizki dalam keterangannya, Senin (8/5/2023).

Mereka berangkat dari tanggal 1-10 Mei 2023. Selain dirinya, Rizki menyebutkan politikus muda yang diundang ke AS yakni Gabriel Ronodipuro (Gerindra), Ivan Semen (Nasdem), RA Yashinta Sekarwangi (PDIP), Fendaby Surya Putra (PKS), Diska Putri Pamungkas (Demokrat), Rahma Arifa (PKB), Zaky Mahendra (PPP), dan Miranti Dian Kinasih (Golkar).

"Selama di Amerika Serikat, mengunjungi kota Washington DC, Philadelphia, dan Detroit," tutur Rizki.

Rizki membeberkan agenda-agenda politikus muda Indonesia selama di AS. Tujuan program ini, kata dia, salah satunya untuk memodernisasi sistem kelembagaan partai politik Indonesia.

"Bertemu dengan Senator AS dari negara bagian Illinois Tammy Duckworth, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani, LSM International Republican Institute, Asosiasi Gubernur dari Partai Demokrat (Democratic Governors Association), Federal Election Commission (KPU-nya Amerika Serikat)," papar Rizki.



"Tujuan dari program ini adalah untuk memperkuat sistem demokrasi di Indonesia dan mewujudkan modernisasi dalam sistem kelembagaan partai politik di Tanah Air," tutup dia.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7372 seconds (0.1#10.140)