Kritisi Kebijakan Tol Jokowi, Demokrat Singgung Banyak Jalan Umum Rusak Parah

Sabtu, 06 Mei 2023 - 17:41 WIB
loading...
Kritisi Kebijakan Tol Jokowi, Demokrat Singgung Banyak Jalan Umum Rusak Parah
Pengendara motor melintas di antara jalan berlubang yang tergenang air di jalan terusan Ryacudu Jati Agung, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (3/5/2023). FOTO/ANTARA/ARDIANSYAH
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat mengkritisi kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terlalu fokus membangun jalan tol. Sementara di sisi lain banyak jalan umum rusak di hampir semua daerah.

Hal ini disampaikan Anggota Fraksi Demokrat DPR Irwan menanggapi aksi Presiden Jokowi mengecek langsung jalan rusak di Lampung yang viral di media sosial. Jokowi yang memilih melewati jalan-jalan rusak saat berkunjung ke Lampung pada Jumat (5/5/2023) mendapat apresiasi publik.

"Memang kebijakan Pak Jokowi terkait pembangunan yol yang ambisius akhirnya menambah utang juga menghabiskan uang rakyat tetapi di sisi lain jalan-jalan umum buat rakyat tidak tertangani dan hampir semua di provinsi dan kabupaten/kota mengalami kerusakan parah," kata Irwan Fecho, sapaan akrabnya, kepada wartawan, Sabtu (6/5/2023).



Menurut Anggota Komisi V DPR ini, tugas presiden tidak hanya mengurusi jalan nasional tapi juga jalan di seluruh Indonesia tanpa melihat statusnya. Menurut Irwan Fecho, jika presiden sudah mengetahui banyak jalan daerah yang rusak, maka sudah seharusnya kebijakan nasional terkait infrastruktur jalan daerah perlu diubah. Setelah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Jalan hasil revisi disahkan, Fecho belum melihat keseriusan presiden untuk menyelesaikan masalah jalan daerah secara optimal.

"Hanya menyiapkan Rp32 triliun untuk Inpres (Instruksi Presiden) jalan daerah. Seharusnya selain meningkatkan transfer keuangan daerah melalui DAK (dana alokasi khusus) dan DAU (dana alokasi umum) juga meningkatkan nilai anggaran untuk Inpres Jalan Daerah," katanya.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengajak warga melaporkan jalan rusak ke akun Twitternya setelah mengecek langsung kondisi jalan rusak di Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023). Dalam cuitannya, Jokowi menuturkan bahwa infrastruktur jalan itu penting untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang.



"Apabila jalan di daerah Anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Twitter ini," cuit Jokowi, Jumat (5/5/2023).

Jokowi sempat tertegun saat ke luar dari mobil Indonesia 1 dan menyaksikan perbaikan jalan yang terkesan asal-asalan ketika mengecek langsung kondisi jalan rusak di Kabupaten Lampung Tengah. Jokowi bahkan sempat tertawa, saat mengetahui ruas jalan tersebut baru diperbaiki dua hari yang lalu, usai Presiden Jokowi diagendakan akan melakukan kunjungan kerja ke Lampung.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)