Kemendagri dan Kemendes Kerja Sama Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Desa

Kamis, 04 Mei 2023 - 13:50 WIB
loading...
Kemendagri dan Kemendes Kerja Sama Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Desa
Audiensi Kepala BPI Kemendes PDTT Ivanovich Agusta dengan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro di Ruang Nawasena Ditjen Bina Pemdes, Rabu (3/5/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menjalin kerja sama penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa . Kerja sama meliputi pelatihan hingga integrasi data.

Kerja sama ini disepakati dalam audiensi Kepala Badan Pengembangan dan Informasi (BPI) Kemendes PDTT Ivanovich Agusta dengan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro di Ruang Nawasena Ditjen Bina Pemdes, Rabu (3/5/2023). Audiensi itu membahas pelaksanaan kerjasama penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa.

"Di antaranya ada beberapa usulan dari Kemendes seperti pembuatan serial video pelatihan, SDGS, dan webinar, juga termasuk integrasi data aplikasi antarlembaga untuk menyatukan persepsi dalam membangun desa," kata Eko dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/5/2023).

Selain itu, ada juga beberapa tambahan usulan terkait kebijakan satu peta dan satu data, pembuatan modul secara bersama, integrasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan SDGS terkait pengelolaan keuangan desa, pelatihan dan lelang program P3PD yang saling melibatkan, pengaturan tata ruang dan wilayah pedesaan serta saling mengontrol tugas dan fungsi masing-masing secara bersama-sama.

"Dari hasil audiensi ini kita mendapatkan banyak usulan untuk bahan kerja sama, pertama untuk pelatihan dapat saling berintegrasi dalam hal substansi materi, webinar secara bersama-sama yang akan diatur secara teknis pelaksanaanya," ujar Eko.

Sementara itu, Ivanovich Agusta menyampaikan terima kasih atas penerimaan kunjungan rombongannya, sehingga koordinasi terkait kerja sama berjalan baik dan lancar dalam upaya mendukung langkah koordinasi Kemendagri dan Kemendes dalam hal pembangunan desa dan tata ruang wilayah desa.

Turut mendampingi audiensi pejabat lingkup Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintah Desa (Pemdes), Sekretaris Ditjen Bina Pemdes Paudah, Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Matheos Tan, Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Mohammad Noval serta para pejabat terkait.

Kemudian hadir Sekretaris BPI Kemendes Fince Decima Hasibuan, Kapus Penyusunan Keterpaduan Rencana BPI Kemendes, Laode Muhajirin, Kapus Datin Kemendes Theresia Junidar, dan Kapus Pengembangan dan Daya Saing Kemendes Helmiati serta para pejabat terkait.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)