Deretan Brevet Kehormatan Jenderal TNI Dudung Abdurachman, 2 di Antaranya dari Luar Negeri

Rabu, 03 Mei 2023 - 17:31 WIB
loading...
Deretan Brevet Kehormatan Jenderal TNI Dudung Abdurachman, 2 di Antaranya dari Luar Negeri
Jenderal TNI Dudung Abdurachman merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI Dudung Abdurachman merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, dia tengah menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Menilik riwayatnya, Dudung adalah jebolan Akmil 1988. Sepanjang kariernya, jenderal bintang empat ini telah banyak menerima brevet, termasuk di antaranya yang berstatus kehormatan. Berikut daftarnya.


Daftar Brevet Kehormatan Jenderal TNI Dudung Abdurachman

1. Brevet Kehormatan Astros

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman menerima brevet kehormatan Astros pada Mei 2022 lalu. Saat itu, Dudung hadir dalam acara latihan penembakan senjata berat terpadu Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) Kodiklatad di Sukabumi, Jawa Barat.

Penyematan brevet kehormatan kala itu dilakukan oleh Danpussenarmed, Mayjen TNI Totok Imam Santoso. Tak seorang diri, pemberian brevet Astros saat itu juga diberikan kepada Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak.

2. Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI AU

Jenderal Dudung menerima wing kehormatan Penerbang Kelas I TNI Angkatan Udara (AU) pada 18 Agustus 2022. Saat itu, prosesi dilakukan di hanggar Skadron 17, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Penganugerahan wing kehormatan tersebut disematkan langsung oleh KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Sebelumnya, mereka diketahui telah melaksanakan Joy Flight selama kurang lebih 30 menit menggunakan pesawat tempur F-16 dengan rute Halim Perdanakusuma menuju Pelabuhan Ratu dan kembali ke Halim Perdanakusuma.

3. Brevet Hiu Kencana

KSAD Jenderal Dudung Abdurachman diangkat menjadi warga kehormatan kapal selam TNI AL pada 28 November 2022. Mengutip keterangan dari laman resmi TNI, saat itu dilakukan juga penyematan brevet kehormatan Hiu Kencana oleh KSAL Laksamana Yudo Margono.


4. Master Parachutist Badge (Singapura)

Jenderal Dudung juga pernah menerima penghargaan berupa dua kualifikasi militer dari Angkatan Darat Singapura. Keduanya adalah Kualifikasi mengendarai Ranpur Terrex dan Honorary Master Parachutist Wing (Brevet Kehormatan Penerjun Payung Utama).

Kedua kualifikasi tersebut didapat Dudung saat kunjungannya ke Singapura pada 18 November 2022. Pemberian kualifikasi kemampuan militer ini ditujukan sebagai apresiasi dari AD Singapura atas jasa yang luar biasa dari Jenderal Dudung dalam meningkatkan dan memperkuat kerja sama serta persahabatan antara kedua AD negara (Indonesia dan Singapura).

5. Combat Kagitingan Badge (Filipina)

Tanda kehormatan ini didapatkan Jenderal Dudung saat kunjungannya ke Filipina. Adapun pemberiannya disematkan langsung oleh Panglima AD Filipina, Letnan Jenderal Romeo S Brawner di Mabes AD Filipina, Kamis (24/8/2022).

6. Brevet Taifib dan Anti Teror Aspek Laut

Pada awal tahun 2023 lalu, Jenderal Dudung dikukuhkan sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI AL. Dalam acara tersebut, dia juga menerima brevet Intai Para Amfibi (Taifib) dan brevet Anti Teror Aspek Laut.

Itulah deretan brevet kehormatan yang dimiliki KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)