Dahlan Iskan Bilang Ganjar-Erick Berpeluang Besar Menang di Pilpres 2024

Selasa, 02 Mei 2023 - 00:33 WIB
loading...
Dahlan Iskan Bilang Ganjar-Erick Berpeluang Besar Menang di Pilpres 2024
Duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir dinilai berpeluang besar menang di Pilpres 2024. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan menilai duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir berpeluang besar menang di Pilpres 2024 . Menurut Dahlan, banyak faktor penunjang kemenangan dari pasangan Gubernur Jawa Tengah dan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI tersebut pada kontestasi politik lima tahunan itu.

Faktor penunjang itu di antaranya dukungan dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilainya merupakan king maker. Selain itu, Erick Thohir sebagai figur kunci untuk meraih suara dari warga Nahdlatul Ulama (NU) atau nahdliyin dan suara dari Presiden Jokowi.

“Kalau Ganjar dan Erick berpasangan, dengan dukungan penuh Jokowi dan Megawati, maka kansnya begitu besar,” ujar Dahlan Iskan dalam tulisannya berjudul ‘Babak Penyisihan’, Senin (1/5/2023).





Dia mengungkapkan, masyarakat mengetahui Presiden Jokowi sangat menginginkan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. Indikasinya, nama Eks Presiden Inter Milan ini menjadi pertama yang disebutkan oleh Jokowi ketika mengungkapkan siapa saja tokoh pemimpin yang cocok berdampingan dengan Ganjar Pranowo.

Hal tersebut dinilai tak mengherankan mengingat Erick Thohir sebagai pemimpin andalan dan kepercayaan dari Jokowi di pemerintahan. Hal ini kemudian membuat Erick Thohir berpotensi menghimpun suara Presiden Jokowi di dalam Pilpres 2024.

“Publik juga tahu Jokowi sangat menghendaki Menteri BUMN Erick Thohir sebagai cawapres,” tutur Dahlan Iskan.

Lebih lanjut Dahlan Iskan juga mengatakan Erick Thohir mampu menambal kelemahan Ganjar di kalangan nahdliyin. Nahdliyin memiliki jumlah yang sangat besar di daerah Jawa Timur. Hal itu mengingat Erick Thohir merupakan kader dari NU sebagai anggota kehormatan Banser.

Di samping itu Erick Thohir juga telah terbukti sebagai kader NU yang luar biasa lantaran sukses menyelenggarakan Harlah 1 Abad NU sebagai Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU.

“Erick Thohir kini sudah dianggap NU. Ansor. Ia Banser. Bersertifikat pula. Pula, ia Ketua Panitia Satu Abad NU yang menggelegar. Ia juga bisa diharapkan menutupi kelemahan Ganjar di Jatim. Erick adalah anggota Banser bersertifikat. Punya basis yang kuat di Jatim,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)