Polisi Sebut Arus Mudik Lebaran 2023 dari Sumatera ke Jawa Bakal Terjadi 2 Gelombang

Senin, 24 April 2023 - 08:26 WIB
loading...
Polisi Sebut Arus Mudik Lebaran 2023 dari Sumatera ke Jawa Bakal Terjadi 2 Gelombang
Anggota polisi tengah melakukan pengecekan tiket di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Senin (24/4/2023). Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
LAMPUNG - Ka polres Lampung Selatan AKBP Edwin mengatakan, arus balik libur Lebaran 2023 yang dimulai pada hari ini diprediksi akan terjadi dalam dua gelombang. Bahkan, dua gelombang itu terjadi dalam waktu sepekan ke depan.

"Di tahun ini ada dua gelombang, di mana gelombang pertama ada arus balik di tanggal 24 dan 25 April, mengapa? Karena tanggal 26 sudah banyak masyarakat yang masuk kerja," kata Edwin di Pos Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Senin (24/4/2023). Sementara itu menurut Edwin, gelombang kedua akan terjadi pada tanggal 29 dan 30 April. Untuk gelombang kedua ini bertepatan dengan adanya perpanjangan libur sekolah anak-anak. Sehingga kemungkinan kedua ini dipastikan menjadi yang tertinggi.

"Anak sekolah tanggal 1 (Mei) baru bisa masuk sekolah, jadi ada dua kemungkinan. Di mana gelombang pertama pada 24-25, kemudian untuk gelombang kedua terjadi pada tanggal 29 dan 30," tuturnya.

Untuk memperlancar proses para pemudik masuk ke Pelabuhan Bakauheni, Edwin memastikan, pihaknya telah menempatkan sejumlah personeldi beberapa pos penjagaan. Hal ini bertujuan untuk melakukan pengecekan tiket penumpang.



"Harapannya kepada saudara kita yang melakukan perjalanan menuju Jawa melalui pelabuhan Bakauheni harus sudah memiliki tiket, kami melakukan pengecekan dibeberapa lokasi seperti kilometer 20B, pospam gayam dan pos tiga di lintas timur," tuturnya.

Dia juga mematikan, bagi yang tidak mempunyai tiket tidak akan bisa melanjutkan perjalanan. Karena, kata dia, dalam pemeriksaan tiket akan diperketat.

"Nah itu yang kami lakukan pengecekan memastikan dan melakukan perjalanan-perjalanan telah memiliki tiket. Yang belum memiliki tiket kami minta maaf akan kami putarbalikan untuk tidak menghambat di pelabuhan Bakauheni," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)