Antisipasi Kemacetan, Pemudik Motor di Pelabuhan Bakauheni Akan Dialihkan

Senin, 24 April 2023 - 08:10 WIB
loading...
Antisipasi Kemacetan, Pemudik Motor di Pelabuhan Bakauheni Akan Dialihkan
Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin. Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
LAMPUNG - Dalam menjaga sekaligus melakukan antisipasi kepadatan saat arus balik Lebaran 2023 yang diperkirakan dimulai hari ini. Polres Lampung Selatan telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan pemudik.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin mengatakan, belajar dari pengalaman tahun lalu, pihaknya akan mengurai kemacetan dengan mempersiapkan jalur khusus bagi pemudik yang menggunakan kendaraan dua di Pelabuhan Bakauheni.

"Jalur khusus roda dua dan itu akan diaktifkan mulai hari ini. Jadi jalur khusus roda dua itu sendiri dimulai dari dari flyover kemudian nanti diarahkan kita siapkan loket sendiri yang nantinya (mempermudah) penyeberangan," kata Edwin saat dikonfirmasi, Senin (24/4/2023).

Edwin menuturkan, jika pihaknya sudah membuat kanal untuk kendaraan roda dua. Akan tetapi hal ini nantinya akan berjalan seiring situasi di lapangan dengan melakukan pembagian terhadap seluruh dermaga pada saat pelaksanaannya.



"Karena dari kapal-kapal yang ada tetapi ketika keadaan emergency artinya jumlah besar, akan diadakan lima Sebagai dermaga khusus roda dua. Jadi nanti dimasing-masing pos akan memberikan informasi berapa kendaraan," tuturnya.

Adapun arus balik Lebaran 2023, Edwin menambahkan, sesuai dengan prediksi kementerian perhubungan akan terjadi lonjakan penumpang hal ini melihat data manifes penyebrangan merak menuju bakau.

"Beberapa hari yang lalu H-3 dan H-4 sebanyak 39.000. Itu dua hari sementara tahun lalu cuma 27.000, makanya Polres Lampung Selatan bersama teman lainnya akan kompak untuk bisa melayani teman dan saudara kita yang akan melakukan arus balik," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)