Lebaran Hari Pertama, Cerah Berawan hingga Hujan Ringan di Jalur Mudik Darat

Sabtu, 22 April 2023 - 03:30 WIB
loading...
Lebaran Hari Pertama, Cerah Berawan hingga Hujan Ringan di Jalur Mudik Darat
BMKG memprediksi cuaca di jalur mudik darat cerah berawan hingga hujan ringan pada hari pertama Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M, 22 April 2023. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di jalur mudik darat cerah berawan hingga hujan ringan pada hari pertama Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M, 22 April 2023. Hal ini berlaku di Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, hingga Papua.

"Berikut ini kami sampaikan prakiraan terkini khusus untuk jalur mudik yang berlaku pada 22 April 2023 berdasarkan pengaturan cuaca khusus jalur transportasi darat," kata prakirawan BMKG Gandung Bayu Wanugroho secara daring dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Jumat (21/4/2023) malam.

Dari Pulau Sumatera, Gandung menjelaskan, secara umum kondisi cuaca cerah berawan sampai hujan ringan, tapi perlu diwaspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir pada jalur mudik di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Jambi.



Kemudian untuk Pulau Jawa, secara umum kondisi cuaca pada pagi hari adalah cerah berawan hingga hujan, namun terdapat potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir pada sore hari di Banten dan Jawa Barat.

"Di wilayah Bali dan Nusa Tenggara secara umum kondisi cuaca cerah berawan tapi terdapat potensi hujan ringan pada siang dan sore hari di wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat," kata Gandung.

Di Pulau Kalimantan, kata dia, secara umum kondisi cuaca cerah berawan hingga hujan ringan, tapi perlu diwaspadai adanya potensi hujan dengan intensitas rendah hingga lebat disertai kilat petir yang terdapat di wilayah Kalimantan Selatan pada siang dan sore hari.

Untuk Pulau Sulawesi, menurut Gandung, umumnya cerah berawan, tapi potensi adanya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir terdapat di wilayah Sulawesi Tengah. Untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara, secara umum kondisi cuacanya berawan.

"Namun terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan terdapat di wilayah Maluku bagian tenggara," kata Gandung.

Untuk wilayah timur Indonesia, umumnya berawan hingga hujan dengan intensitas ringan, tapi terdapat potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di wilayah Papua bagian utara dan Papua bagian tengah.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)