Kepala BP2MI: Perkuat Edukasi Pekerja Migran Cegah Eksploitasi Sindikat Ilegal

Minggu, 16 April 2023 - 12:47 WIB
loading...
Kepala BP2MI: Perkuat Edukasi Pekerja Migran Cegah Eksploitasi Sindikat Ilegal
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani (kanan) berbagi rahasia menyelamatkan para calon pekerja migran Indonesia (PMI) dari eksploitasi sindikat ilegal kepada Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia ( BP2MI ) Benny Rhamdani berbagi rahasia menyelamatkan para calon pekerja migran Indonesia (PMI) dari eksploitasi sindikat ilegal kepada Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. Salah satu rahasianya adalah dengan memperkuat edukasi.

‘’Saya sampaikan kepada Pak Gubernur Kalimantan Barat, Pak Sutarmidji bahwa kunci menyelamatkan kehidupan PMI dari ancaman sindikat ialah memperkuat edukasi. Ada pemahaman bersama dan kerja-kerja bersama," ujar Benny uai acara silaturahmi dengan Sutarmidji, Jumat (14/4/2023).

Benny menuturkan, BP2MI memiliki tugas yang berat dalam menghadapi para sindikat penyalur PMI ilegal. "Selain pencegahan, kita juga punya tanggung jawab menyiapkan tenaga kerja yang handal, kompeten, dan profesional. Diimbangi dengan jabatan yang baik, dan gaji yang tinggi,” kata Wakil Ketua Umum Partai Hanura ini.



Dia menambahkan, penegakan hukum menjadi hal penting yang diperhatikan. BP2MI, kata Benny, bakal melibatkan berbagai kalangan untuk melakukan orkestrasi kekuatan dalam melawan sindikat penempatan ilegal PMI.

“Saya juga menyampaikan rencana BP2MI untuk menggelar Rakortas di Kalbar. Yang menghadirkan seluruh kepala daerah kabupaten/kota dan stakeholder terkait yang ada di Kalbar," imbuhnya.

"Kita juga akan mengajak Dirjen Imigrasi, Dirjen Bea Cukai, dan Kepala Badan Perbatasan untuk hadir membicarakan pengamanan di daerah-daerah perbatasan,’’ sambungnya.

Dia menjelaskan, pemerintah telah mengetahui persis bagaimana PMI non-prosedural diberangkatkan secara diam-diam. Dia menegaskan bahwa mata rantai atau rute penempatan gelap perlu dipotong.

"Cara yang paling manjur yaitu melalui upaya perlawanan semesta. Maka, pencegahan ini memerlukan kerja kolaboratif. Kita telah mengetahui modus sindikat, korban-korban yang mereka hasilkan. Ekosistem penempatan ilegal PMI tersebut harus kita hentikan,” katanya.

Lebih lanjut dia menuturkan, jangan sampai pemerintah didikte oleh para sindikat. Dia melanjutkan, jangan beri ruang oknum aparat pemerintah bekerja sama dengan sindikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)