Tabligh Akbar di Masjid Al Jabbar, TGB: Bulan Ramadan Membuka Potensi Kebaikan

Minggu, 16 April 2023 - 05:18 WIB
loading...
Tabligh Akbar di Masjid Al Jabbar, TGB: Bulan Ramadan Membuka Potensi Kebaikan
TGB Muhammad Zainul Majdi memberikan ceramah dalam acara Tabligh Akbar iNews di Masjid Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung pada Sabtu (15/4/2023) malam. Foto/MPI
A A A
BANDUNG - Cendekiawan Muslim Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi menjadi salah satu penceramah yang hadir dalam acara Tabligh Akbar iNews di Masjid Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Sabtu (15/4/2023) malam.

Dalam ceramahnya, pria yang akrab disapa TGB itu menyinggung soal amalan ibadah yang telah dilakukan setiap umat muslim selama bulan Ramadan.



"Kalau kita bicara puasa, masing-masing punya pengalaman, anak-anak muda beda pengalamannya dengan orang-orang yang sudah tua. Yang baru aqil baligh dan belajar berpuasa tentu beda juga dengan yang sudah berpuasa. Semua punya pengalaman masing-masing," ujar TGB.

"Insya Allah semua pengalaman itu hebat yang akan membentuk kepribadian kita yang kokoh sebagai seorang muslim dan sebagai warga Jawa Barat yang cinta," sambungnya.

Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo ini mengungkapkan puasa itu mengingatkan pada satu kaidah sederhana yakni kalau ada keinginan pasti bisa.

"Kalau di pesantren ada ungkapan man jadda wa jadda. Kenapa puasa mengajarkan itu? Di luar Ramadan, puasa Senin-Kamis saja berat, puasa ayyamul bidh. Puasa tiga hari di bulan Hijriyah 13,14,15 nggak gampang. Membaca Al-Qur'an setiap hari memegang Al-Qur'an ada tapi tadarusnya jarang," tuturnya.

Namun berbeda dengan bulan Ramadan, lanjut TGB, dimana setiap muslim dididik untuk mampu melakukan puasa selama satu bulan penuh.

"Ramadan membuat kita bisa melakukan itu. Kalau di luar Ramadan Senin-Kamis dua hari dalam seminggu saja berat. Tapi Ramadan mendidik kita sepanjang satu bulan setiap hari nggak putus-putus Alhamdulillah kita bisa berpuasa," katanya.

Menurutnya, bulan Ramadan ini mengajarkan setiap umat muslim untuk mengerjakan amal kebaikan. "Ramadan ini membuka potensi kebaikan, Ramadan itu membuat kita sadar bahwa kita bisa mengerjakan hal-hal yang sebenarnya yang sebelumnya kita anggap berat, kita anggap sulit," jelas dia.



"Mungkin ada kemalasan, mungkin ada kesombongan, mungkin ada ketidakpedulian. Maka dalam bulan Ramadan, mengajarkan kita bahwa kita sebagai hamba Allah ini ternyata bisa melakukan beragam kebaikan. Maka bawa semangat kalau mau pasti bisa. Setelah Ramadan bulan Syawal dan bulan-bulan seterusnya," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)