Survei LPI: Kaum Milenial Bangga dengan Kinerja Kepala BIN

Sabtu, 15 April 2023 - 19:17 WIB
loading...
Survei LPI: Kaum Milenial Bangga dengan Kinerja Kepala BIN
Presiden Jokowi bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Temuan survei nasional LPI 2023 menunjukkan, kaum muda Papua bangga dengan kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan . Survei itu terlihat dari pandangan generasi milenial yang mengapresiasi kinerja Budi Gunawan.

Di mana Kepala BIN yang turut terlibat dalam merintis dan mengembangkan Papua Youth Creative Hub (PYCH) yakni, rumah kreasi pengembangan potensi dan inovasi kaum muda Papua.

Berdasarkan unsur keterlibatan dalam merintis dan mengembangkan PYCH, LPI menjaring 5 institusi untuk memotret lebih lanjut pandangan kaum milenial Papua.

Kelima institusi itu antara lain; Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).



Survei LPI mengukur pandangan kaum muda milenial yang terbagi ke dalam empat indikator. Pertama, indikator kesesuaian; Kedua, indikator efektivitas pemanfaatan; Ketiga, indikator kontribusi pada perekonomian; Keempat, indikator kepuasan masyarakat.

Indikator kesesuaian untuk mengukur dimensi perencanaan atau kebijakan dengan ekspektasi publik berikut realisasinya. Indikator ini juga berangkat dari literasi atau pengetahuan publik terhadap kebijakan pemerintah. Lalu, indikator efektivitas pemanfaatan untuk melihat bagaimana dimensi kebijakan dapat dipahami dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan publik.

Selanjutnya, indikator kontribusi pada perekonomian, bagaimana kebijakan yang telah diterapkan berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap perekonomian masyarakat, dan wilayahnya. Sedangkan indikator kepuasan masyarakat, untuk memotret tingkat kepuasan publik terhadap realisasi kebijakan pemerintah di lapangan.

Lalu, dari rumusan empat indikator tersebut, LPI mengajukan pertanyaan kepada responden. Antara lain, apakah Anda bangga dengan Pak Jokowi yang peduli Papua?; Apakah Anda mengetahui jika kepala BIN Budi Gunawan juga ikut berkontribusi dalam pembangunan Papua Youth Creative Hub?

Jika mengetahui, apakah Anda bangga dan mengapresiasi kinerja Budi Gunawan dalam pembangunan Papua Youth Creative Hub? Kemudian, Apakah anda juga bangga dan mengapresiasi kinerja para menteri-menteri yang terlibat dalam pembangunan Papua Youth Creative Hub?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)