Survei Nasional LPI: Jokowi Dicintai Kaum Milenial Papua

Sabtu, 15 April 2023 - 18:44 WIB
loading...
Survei Nasional LPI: Jokowi Dicintai Kaum Milenial Papua
Survei dilakukan untuk mengukur pandangan generasi milenial di Papua sekaligus mengukur kinerja pemerintahan Presiden Jokowi, di mata kaum muda Papua. Foto/Biro Pers Istana
A A A
JAKARTA - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) kembali menggelar survei nasional. Survei dilakukan untuk mengukur pandangan generasi milenial di Papua sekaligus mengukur kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) , utamanya terkait kebijakan terhadap kaum muda Papua.

Khususnya setelah Presiden Jokowi meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH), di Kota Jayapura, pada Selasa, 21 Maret 2023. Survei LPI merumuskan keragaman pandangan tersebut ke dalam empat indikator.

Pertama, indikator kesesuaian; Kedua, indikator efektivitas pemanfaatan; Ketiga, indikator kontribusi pada perekonomian; Keempat, indikator kepuasan masyarakat.



Indikator kesesuaian untuk mengukur dimensi perencanaan atau kebijakan dengan ekspektasi publik berikut realisasinya. Indikator ini juga berangkat dari literasi atau pengetahuan publik terhadap kebijakan pemerintah.

Lalu, indikator efekvitas pemanfaatan untuk melihat bagaimana dimensi kebijakan dapat dipahami dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan publik.

Selanjutnya, indikator kontribusi pada perekonomian, bagaimana kebijakan yang telah diterapkan berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap perekonomian masyarakat, dan wilayahnya. Sedangkan indikator kepuasan masyarakat, untuk memotret tingkat kepuasan publik terhadap realisasi kebijakan pemerintah di lapangan.

Mengikuti instrumen kebijakan yang terlibat dalam membangun dan mengembangkan PYCH, LPI menjaring 5 institusi yaitu untuk memotret pandangan kaum milenial Papua.

Kelima institusi itu antara lain; Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham), Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu), dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Kemendikbud Ristek) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (PUPR).

"Secara umum, mayoritas responden mencintai langkah Presiden Jokowi yang telah menunjukan keberpihakannya terhadap masyarakat Papua, tak terkecuali kaum muda," ujar Direktur eksekutif Boni Hargens, Sabtu (15/4/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)