4 Asisten Teritorial KSAD yang Pernah Mendampingi Jenderal TNI Dudung Abdurachman, 2 di Antaranya Mantan Pangdam

Jum'at, 14 April 2023 - 15:22 WIB
loading...
4 Asisten Teritorial KSAD yang Pernah Mendampingi Jenderal TNI Dudung Abdurachman, 2 di Antaranya Mantan Pangdam
Terdapat sejumlah Asisten Teritorial KSAD yang bertugas mendampingi Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Foto DOK TNI AD
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Asisten Teritorial KSAD yang bertugas mendampingi Jenderal TNI Dudung Abdurachman . Dari sekian nama, dua di antaranya juga pernah menjabat Panglima Kodam.

Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat atau biasa dikenal Aster KSAD merupakan jabatan di lingkungan Angkatan Darat (AD) yang berada langsung di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Pada tugasnya, Aster akan membantu tugas KSAD dalam pembinaan teritorial di lingkungan Angkatan Darat. Perwira tinggi TNI yang ditugaskan untuk jabatan ini nantinya akan membantu tugas dari KSAD.



Dalam riwayatnya, terdapat sekitar empat Aster yang pernah bertugas mendampingi KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. Salah satunya bahkan masih aktif menjabat sampai sekarang. Berikut nama-namanya.

Daftar Asisten Teritorial (Aster) KSAD yang Pernah Mendampingi Jenderal TNI Dudung Abdurachman

1. Mayjen TNI (Purn) Nurchahyanto

Mayor Jenderal TNI (Purn) Nurchahyanto merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Dalam riwayatnya, lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 ini pernah mengisi jabatan Asisten Teritorial KSAD (2020-2021).

Saat berada di jabatan tersebut, dia pernah mendampingi dua KSAD yang berbeda, yakni Jenderal Andika Perkasa dan Jenderal Dudung Abdurachman. Kemudian, di penghujung kariernya, prajurit kelahiran Malang ini juga sempat menjabat Pangdam V/Brawijaya, tepatnya pada periode 2021-2022.

2. Mayjen TNI (Purn) Achmad Marzuki

Saat ini, Mayjen TNI (Purn) Achmad Marzuki tengah mengemban amanat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Aceh. Dia tercatat menempati posisi ini sejak pertengahan 2022 lalu.

Sebelum pensiun dari militer, alumni Akmil 1989 ini diketahui telah banyak mencicipi jabatan strategis. Sebut saja seperti Pangdivif 3/Kostrad (2018-2020), Ir Kostrad (2020), Pangdam Iskandar Muda (2020-2021), hingga Aster KSAD (2021-2022).

Saat menjabat Asisten Teritorial (Aster) KSAD, Achmad Marzuki mendampingi Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam tugasnya.


3. Mayjen TNI (Purn) Karmin Suharna

Berikutnya ada nama Mayjen TNI (Purn) Karmin Suharna. Dalam perjalanan kariernya di militer, prajurit kelahiran Bandung ini pernah menyemat jabatan Asisten Teritorial (Aster) KSAD.

Karmin menjabat Aster KSAD pada era Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Saat itu, dia ditunjuk untuk menggantikan posisi Mayjen Achmad Marzuki yang memasuki masa pensiun.

4. Mayjen TNI Mochammad Hasan

Mayor Jenderal TNI Mochammad Hasan saat ini tengah aktif menjabat Asisten Teritorial (Aster) KSAD. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 ini menduduki posisi tersebut sejak akhir tahun 2022 lalu.

Sebelum itu, sejumlah jabatan strategis lain juga pernah disandangnya. Di antaranya adalah Pa Sahli Tk. III Bidang Sosbudkum HAM dan Narkoba (2021-2022), Irben Itjenad (2020-2021), Kadisjasad (2018-2020), dan lainnya.

Itulah sejumlah nama Asisten Teritorial (Aster) KSAD yang pernah mendampingi Jenderal TNI Dudung Abdurachman.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)